Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

5 Cara Mengatasi Kinerja Tim yang Menurun

Kompas.tv - 3 April 2023, 19:00 WIB
5-cara-mengatasi-kinerja-tim-yang-menurun
Saat kinerja tim menurun, pemimpin perlu melakukan penyesuaian agar kembali meningkat. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam dunia kerja, kita tentu akan menghadapi dinamika terlebih jika bekerja dalam tim. Kinerja tim yang semakin menurun tentu mengkhawatirkan karena bisa menghambat tujuan atau target yang ingin dicapai.

Dalam situasi seperti ini, pemimpin memiliki peranan penting agar kinerja anggota timnya kembali membaik. Informasi ini pun dijelaskan dalam siniar Obsesif episode “Lakukan Hal Ini saat Kinerja Tim Menurun” dengan tautan akses dik.si/ObsesifS8E10.

Selain itu, mengatasi kinerja tim yang menurun tak boleh dilakukan dengan cara yang sembrono. Pasalnya, tiap anggota tim tentu memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga pendekatan yang digunakan tak bisa efektif jika diterapkan untuk semua orang.

Mengutip Forbes, berikut adalah lima cara bagi seorang pemimpin untuk mengatasi kinerja tim yang sedang menurun.

1. Jangan Terburu-Buru Mengatasinya

Untuk mengatasi kinerja tim yang menurun, kita tak boleh terburu-buru berasumsi dan menerapkan solusi terhadap masalah yang belum pasti. Sebagai pemimpin, kita perlu mendengarkan, mengamati, hingga mengumpulkan opini anggota tim. 

Baca Juga: Pentingnya Sikap Rendah Hati untuk Pemimpin

Setelah itu, berikan pendekatan berbeda sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi para anggota tim. Ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang akar permasalahan sehingga solusi yang ditawarkan menjadi lebih holistik.

2. Memahami Dinamika Tim

Mengenal setiap orang sebagai individu yang unik membuat pemimpin mampu memahami tim secara keseluruhan. Memahami kekuatan, kelemahan, dan peluang setiap anggota tim bisa membantu kita mengatur ulang atau mengembangkan strategi kerja ke depannya.

Setelah mengetahui kekuatan mereka masing-masing, berikan beban tugas atau kerja yang sesuai. Jangan lupa juga untuk bertanya seputar keinginan mereka untuk berkembang dan mencoba hal-hal baru di luar tanggung jawabnya. Ini dilakukan agar memberikan mereka ruang untuk bertumbuh.

3. Pererat Rasa Kepercayaan Anggota Tim



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x