Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang Ramadan, Mukena Lesti Kejora Jadi Incaran di Pasar Tanah Abang, Pedagang: Bahannya Adem

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 06:00 WIB
jelang-ramadan-mukena-lesti-kejora-jadi-incaran-di-pasar-tanah-abang-pedagang-bahannya-adem
Salah satu kios pedagang mukena di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mukena menjadi salah satu barang yang mulai ramai dibeli memasuki Ramadan. Hal ini seperti yang terlihat di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebagian besar pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang tampak memasarkan mukena ala penyanyi dangdut Lesti Kejora atau mukena Lesti yang jadi tren tahun ini.

"Ini mukenanya baru masuk sebulan yang lalu. Semua pedagang pasti ada yang jual model ini," kata salah satu pedagang mukena, Mutia (32), dilansir dari Antara, Selasa (21/3/2023).

Menurut Mutia, mukena Lesti merupakan jenis terbaru yang masuk di kios-kios Tanah Abang beberapa waktu terakhir ini. Peminatnya pun banyak.

Pedagang mukena lainnya di Blok B Tanah Abang, Misbah (38), menuturkan, mukena Lesti tak berbeda jauh dari mukena pada umumnya. Hanya saja, mukena ini mayoritas berbahan crinkle, yakni sejenis bahan kain yang memiliki tekstur berkerut atau menyerupai kulit jeruk.

Baca Juga: Jelang Lebaran Penjualan Mukenah Meningkat

"Bahannya adem dipakai, tapi tidak gampang kusut. Jadi, kalau tidak disetrika masih tetap licin," terang Misbah.

Meskipun memiliki tekstur yang tidak rata atau berkerut, namun bahan ini tetap terasa lembut ketika dipegang, nyaman, dan adem ketika digunakan.

Adapun model mukena Lesti ini didatangkan dari Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan harga berkisar Rp135.000 sampai Rp150.000, bergantung pada jumlah pembelian.

 Selain model tersebut, para pembeli juga tampak tertarik dengan mukena lainnya berbahan rayon yang dibanderol seharga Rp125.000.

Baca Juga: Mukena Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas Ramai Diburu Warga

"Kalau yang model rayon memang model lama, tetapi saya lebih suka karena lebih sejuk dipakai dan nyaman," kata Misbah.

Berbeda dengan model mukena "Lesti" yang berwarna polos dan aksen putih pada bagian jahitan bawah, model mukena berbahan rayon memiliki motif dengan nuansa warna pastel.


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x