Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Diungkap Menperin, Jokowi Minta Toyota Pertahankan Nama "Kijang" Ternyata karena Hal Ini

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 12:32 WIB
diungkap-menperin-jokowi-minta-toyota-pertahankan-nama-kijang-ternyata-karena-hal-ini
Presiden Jokowi saat mencoba interior Kijang Innocva Zenix Hybrid di IIMS 2023 (16/2/2023). Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ternyata sempat meminta Toyota Indonesia untuk mempertahankan nama Kijang di salah satu produknya. Menurut Jokowi, nama Kijang punya makna khusus yang menandakan kerja sama Toyota dengan Indonesia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi ternyata sempat meminta Toyota Indonesia untuk mempertahankan nama Kijang di salah satu produknya.

Menurut Jokowi, nama Kijang punya makna khusus yang menandakan kerja sama Toyota Jepang dengan Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan ekspor perdana generasi terbaru Kijang Innova Zenix Hybrid buatan lokal, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

"Beliau berpesan kepada kami dan Toyota, sampai kapanpun nama Kijang harus tetap ada apapun inovasinya. Itu Beliau sendiri yang berpesan," kata Agus.

Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menggunakan Kijang Innova sebagai mobil dinasnya. Jokowi juga sempat melihat interior Kijang Innova Zenix Hybrid, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa hari lalu.

Saat itu, kata Agus, Presiden Jokowi merasa tertarik karena menjadi saksi hidup perkembangan Kijang sebagai mobil keluarga. Hingga akhirnya menjadi mobil hybrid.

Untuk diketahui, Kijang merupakan singkatan dari frasa Kerja Sama Indonesia-Jepang. Nama ini digunakan sejak 1977 dengan tujuan menciptakan kendaraan produksi dalam negeri dengan harga terjangkau sehingga bisa dibeli masyarakat.

Langkah terkait, sesuai dengan program yang dicanangkan Presiden Soeharto saat itu, yakni “Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna” (KNBS) pada awal 1970.

Hingga kini, penggunaan nama Kijang terus eksis digunakan oleh Toyota hingga masuk ke generasi ke-7 yaitu Kijang Innova Zenix, yang diluncurkan November 2022 lalu.

Baca Juga: Link, Harga dan Cara Pesan Tiket IIMS 2023, Hari Minggu Dibuka Mulai Pukul 10.00 WIB

"Dan ini suatu produk yang (disukai) Bapak Presiden (Jokowi). Bapak Presiden duduk di dalam mobil ini dan beliau sangat interest," ujar Agus.

"Apapun inovasinya produk mobil, nama Kijang harus tetap ada. Saya kira dari pihak Toyota juga tidak akan keberatan," tambahnya.

Adapun Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang menggunakan listrik dan BBM, diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Kendaraan yang memenuhi 70 persen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tersebut akan diekspor ke 27 negara termasuk Australia dengan jumlah 2.000 unit pada 2023.

Menurut Menperin, hal itu membuktikan bahwa produk Indonesia mampu menembus pasar Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat antara lain terkait dengan spesifikasi bahan bakar, spesifikasi emisi, dan spesifikasi keamanan.



Sumber : Kompas.com, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x