Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Akan Putuskan Nama Calon Gubernur BI Hari Ini, Ada Sri Mulyani?

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 09:17 WIB
jokowi-akan-putuskan-nama-calon-gubernur-bi-hari-ini-ada-sri-mulyani
Presiden Jokowi saat beri amanat di Resepsi Satu Abad NU hari ini, Selasa (7/1/2023). Jokowi akan memutuskan nama-nama calon Gubernur BI yang baru, pada hari ini Rabu (22/2/2023). Setelah diputuskan, Jokowi akan menyetor nama-nama tersebut ke DPR. (Sumber: Panitia Satu Abad NU/Suwito)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memutuskan nama calon gubernur BI yang baru, pada hari ini Rabu (22/2/2023). Setelah diputuskan, Jokowi akan menyetor nama-nama tersebut ke DPR. 

"Kita putuskan kalau enggak hari ini, besok. Nama-namanya (kandidat) sudah masuk ya," kata Jokowi saat meninjau Proyek Normalisasi Kali Ciliwung, Selasa (21/2/2023).

Berdasarkan rumor yang beredar, nama Menteri Keuangan Sri Mulyani termasuk salah satu nama yang akan mengisi posisi Gubernur BI menggantikan Perry Warjiyo.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai, siapapun calonnya, Gubernur BI harus punya komitmen untuk mengurangi penerbitan utang dengan bunga tinggi, dan mencari alternatif solusi pembiayaan alternatif misalnya melalui debt for climate (utang ditukar program lingkungan).

"Memiliki integritas yang tinggi, tidak memiliki konflik kepentingan misalnya menjabat komisaris perusahaan swasta," ujar Bhima, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (21/2).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK), Presiden wajib menyampaikan usulan calon gubernur BI paling lambat tiga bulan sebelum masa jabatan Gubernur BI yang terakhir.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Perkirakan Defisit APBN 2024 Turun ke Angka 2,16 hingga 2,64 Persen

Sehingga Presiden Jokowi masih memiliki waktu paling lambat hingga pekan ketiga Februari 2023 untuk memberikan nama ke DPR.

Gubernur BI saat ini, Perry Warjiyo, mengucapkan sumpah jabatan pada 24 Mei 2018 sehingga kemungkinan masa berakhir jabatan Perry di pekan terakhir Mei 2023.


 



Sumber : Kompas.com, Kontan.co.id, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x