Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang Imlek, Polda Sulteng Sebut Tak Ada Pengamanan Khusus di PT GNI dan di Morowali Utara

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 12:37 WIB
jelang-imlek-polda-sulteng-sebut-tak-ada-pengamanan-khusus-di-pt-gni-dan-di-morowali-utara
Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto menyampaikan keterangan pada Minggu (15/1/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, tidak ada pengamanan khusus di PT Gunbuster Nickel Indonesia (GNI) jelang hari raya Imlek 2023. Sebagai informasi, Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada hari Minggu (22/1/2023).

Didik menegaskan, kondisi di PT GNI dan Morowali Utara (Morut) sebagai sentra industri nikel yang banyak mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tetap aman dan kondusif.

Petugas yang ada di sekitar PT GNI adalah anggota polisi yang berjaga setelah bentrokan terjadi beberapa hari lalu. Bukan khusus untuk Imlek.


 

“Pengamanan khusus untuk imlek di PT. GNI Morut tidak ada, karena pengamanan disana sudah ada 709 personil pengamanan. Tidak ada kegiatan khusus imlek di PT. GNI,” kata Didik saat dihubungi KOMPAS TV, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Walhi Sulteng Minta Pemerintah Hentikan Sementara Aktivitas PT GNI, Ini Alasannya

“Situasi di wilayah Morowali utara/PT.GNI kondusif,” tambahnya.

Didik mengatakan, kegiatan usaha di PT GNI saat ini sudah berjalan normal. Aktivitas antara TKI dengan TKA diperusahaan itu juga sudah tidak ada masalah.

Ia menyebut, polisi sudah memeriksa 52 orang saksi terkait insiden bentrokan yang menewaskan dua pekerja itu.

“Sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan sebanyak 52 orang. Terdiri dari WNA 6 dan  WNI 46. Dan dari jumlah itu, 17 diantaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap Didik.

Diberitakan  sebelumnya, proses tuntutan pekerja dan masyarakat kepada PT Gunbuster Nickel Indonesia (GNI) masih terus berjalan.

Baca Juga: 17 Orang Jadi Tersangka Bentrokan Karyawan di PT GNI, Ini Perannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x