Kompas TV bisnis bumn

Diangkut Kapal Perang, Hari Ini PT Pertamina Kirim BBM ke Karimunjawa

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 07:52 WIB
diangkut-kapal-perang-hari-ini-pt-pertamina-kirim-bbm-ke-karimunjawa
KM Kelimutu pengangkut ratusan wisatawan yang dievakuasi dari Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, akibat cuaca buruk, bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (28/12/2022). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JEPARA, KOMPAS.TV – Pengiriman pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dijadwalkan Rabu ini, (4/1/2023).

"Rencananya pengiriman akan menggunakan kapal KRI, sedangkan BBM yang dikirimkan menggunakan truk tangki Pertamina yang diangkut kapal perang tersebut," kata Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho di Jepara, Selasa (3/1/2023), dikutip dari Antara.

Adapun total BBM yang dikirimkan, adalah sebanyak 100 kiloliter (Kl), meliputi Pertalite 30 kiloliter, Solar 65 kiloliter, dan Dexlite 5 kiloliter.


 

Jadwal pengirimannya, lanjutnya, pada Rabu (4/1) pukul 06.00 WIB diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

Sebelum ada bantuan pengiriman menggunakan kapal perang, PT Pertamina telah mempersiapkan kapal yang terisi dengan BBM jenis Pertalite dan Solar karena saat itu stok Dexlite di Karimunjawa masih tersedia.

Baca Juga: Cerita Wisatawan Asing Terjebak Berhari-hari di Karimunjawa, Kami Bosan, Tak Bisa Snorkeling

Namun, karena cuaca di laut belum mendukung akhirnya rencana pengiriman BBM hingga saat ini tertunda.

Permintaan Pertalite di Karimunjawa setiap harinya sebanyak 1.900 liter, sedangkan solar sebanyak 3.800 liter dan Dexlite sebanyak 37 liter per harinya.

Warga Karimunjawa sendiri merasakan stok Pertalite menipis sejak Kamis (23/12), sedangkan Minggu (26/12) benar-benar habis, sehingga mobilitas masyarakat menggantungkan pada stok BBM yang tersedia di tangki kendaraannya masing-masing.

Beberapa hari lalu, juga tersedia BBM jenis Pertamax yang dijual dengan harga Rp18.000 per liter, namun karena animo masyarakat cukup tinggi tidak semua warga mendapatkan karena keburu habis.

Habisnya stok Pertalite di Kecamatan Karimunjawa disebabkan karena memasuki musim baratan yang ditandai dengan gelombang tinggi di laut.

Kondisi demikian, mengakibatkan penghentian semua aktivitas di laut karena tidak aman, termasuk kapal penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa.

Baca Juga: Alasan Pemerintah Turunkan Harga Pertamax dan BBM Non Subsidi Lainnya, Pertalite Tetap



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x