Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Catat! Tarif Tol Tangerang-Merak Naik Mulai 3 Januari 2023

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 17:27 WIB
catat-tarif-tol-tangerang-merak-naik-mulai-3-januari-2023
Tol Tangerang - Merak. Tarif tol Tangerang-Merak akan naik mulai 3 Januari 2023, pukul 00.00 WIB. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - ASTRA Tol Tangerang-Merak mengumumkan tarif tol Tangerang-Merak akan naik mulai 3 Januari 2023 pukul 00.00 WIB.

Direktur ASTRA Tol Tamer Kris Ade Sudiyono mengatakan penyesuaian tarif ini bervariasi karena dihitung berdasarkan nilai rupiah per kilometer.

Contohnya, kata dia, untuk kendaraan golongan I untuk jarak terdekat dari Cikupa ke Balaraja Timur semula Rp2.500 menjadi Rp 3.000. Sedangkan jarak terjauh semula Rp44.000 menjadi Rp53.500.

"Kami akan turun langsung memantau secara teknis di lapangan proses penggantian tarifnya, untuk memastikan bahwa sistem berjalan dengan benar," kata Kris dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Menurut penjelasannya, kenaikan tarif ini mengacu Keputusan Menteri PUPR No. 1751/KPTS/M/2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak, yang dikeluarkan pada 12 Desember 2022 lalu.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Tol Jakarta-Cikampek Terpantau Masih Lancar

Dia menambahkan, penyesuaian tarif kali ini juga merupakan penyesuaian tarif reguler dua tahunan berdasarkan inflasi yang telah diatur dalam Undang-undang No. 2 tahun 2022 Pasal 48 ayat (3) dan penyesuaian tarif atas penambahan lingkup investasi peningkatan kualitas dan kapasitas jalan.

Adapun besaran penyesuaian tarif ruas jalan tol Tangerang-Merak (Tamer), dapat dilihat pada QR code yang dipajang pada media-media luar ruang (spanduk dan VMS) di ruas jalan tol Tamer.

Besaran kenaikan tarif ini juga dapat dilihat pada laman media sosial ASTRA Tol Tamer.

Kris mengimbau warga yang akan melakukan perjalanan dan berencana melalui ruas Tol Tangerang-Merak untuk menyiapkan saldo uang elektronik yang mencukupi.

"Kepada pengguna jalan agar selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll), sebelum melakukan perjalanan," tuturnya.

Imbauan tersebut dimaksudkan agar para pengguna nantinya tidak mengalami kendala pada saat bertransaksi di gerbang tol.

Baca Juga: BMKG: Potensi Angin Kencang di Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni Sore Ini


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x