Kompas TV regional sosial

BMKG: Potensi Angin Kencang di Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni Sore Ini

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 14:53 WIB
bmkg-potensi-angin-kencang-di-lintasan-penyeberangan-merak-bakauheni-sore-ini
Ilustrasi angin kencang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya otensi angin kencang di kawasan penyeberangan Merak - Bakauheni pada Minggu (1/1/2023) sore. (Sumber: Shutterstock/Underworld/Ist. Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi angin kencang di kawasan penyeberangan Merak - Bakauheni pada Minggu (1/1/2023) sore.

Wahyu Argo, petugas Prakirawan Cuaca BMKG di Posko Mobil Cuaca BMKG di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten, mengatakan, angin kencang diprediksi berkecepatan 0,5 -45 km/jam, disertai hujan dengan intensitas ringan.

Ia mengimbau agar pelaku pelayaran lebih waspada, agar kecelakaan laut dapat dihindari.

 "Karena itu pelaku pelayaran diharapkan  waspada untuk menghindari kecelakaan laut," kata dia, Minggu (1/1/2023), dikutip Antara.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk, Penyeberangan Pelabuhan Merak Ditutup Sementara!

Menurutnya, pelaku pelayaran lintas penyeberangan Merak -Bakauheni  dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan penumpang.

Sehari sebelumnya, cuaca buruk terjadi di area penyeberangan Merak-Bakauheni pada Sabtu (31/12/2022).

Saat itu, ASDP menutup penyeberangan Merak - Bakauheni pukul 14.40 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Kemungkinan ASDP dapat menutup kembali penyeberangan Merak - Bakauheni jika cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Pengguna jasa penyeberangan diharapkan tidak memaksakan kehendak untuk menyeberang jika kondisi cuaca buruk.

“Kami mendukung layanan lintasan penyeberangan Merak- Bakauheni ditutup  sementara demi keselamatan penumpang,   bila cuaca buruk terjadi di selat Sunda bagian utara," katanya.

Menurut dia,  di perairan Merak- Bakauheuni diperkirakan tinggi gelombang antara 0,5 - 2,0 meter.

 Selain itu pada sore hari dilanda hujan dengan intensitas ringan dan tiupan angin dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan 5 - 40 km/jam.

Secara umum diperkirakan berawan dan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan mencapai 5 - 20 km/jam.

Baca Juga: Truk Semen Tercebur di Pelabuhan Merak, Sopir dan Kernet Berhasil Selamatkan Diri

Pada siang hari hingga menjelang sore hari ini, diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan dan terdapat potensi peningkatan kecepatan angin mencapai 05 - 45 km/jam.

"Kami terus menginformasikan cuaca kepada otoritas Pelabuhan Merak untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan Natal dan tahun baru (nataru) agar selamat sampai tujuan," kata Wahyu.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x