Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pengaruh Korean Wave terhadap Strategi Pemasaran

Kompas.tv - 30 November 2022, 18:55 WIB
pengaruh-korean-wave-terhadap-strategi-pemasaran
Kini, K-Pop memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suatu brand. (Sumber: BTS_Bighit)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbicara mengenai budaya K-Pop memang tidak ada habisnya. Mulai dari serial drama hingga grup musik BTS yang menjadi bintang pembuka pada pagelaran Fifa World Cup 2022, semuanya selalu menjadi muka berita.

Tentunya, bukan tanpa alasan K-Pop dapat mendunia. Bahkan, komunitas atau fandom penyuka K-Pop memengaruhi dunia marketing. Fenomena inilah yang diungkapkan Tomoka Takada, Direktur Perencanaan Strategis Hakuhodo Inc, dalam siniar Obsesif bertajuk “The Influence of K-Pop Fandom on Brand Marketing” yang dapat diakses melalui tautan berikut dik.si/ObsesifTomoka.

Kita dapat melihat McDonald's mengeluarkan produk baru, yaitu BTS Meal, yang memperlihatkan seberapa pengaruhnya ARMY dalam menentukan kebijakan inovasi industri kuliner. BTS juga menjadi brand ambassador Tokopedia. Kemudian, ada Lemonilo dengan NCT Dream dan Scarlett Whitening dengan TWICE.

Engel dalam penelitiannya mengungkapkan terdapat lima tahapan konsumen dalam pengambilan keputusan, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan pasca pembelian.

Baca Juga: Update Seputar Idola Korea di Podcast Kamjagiya Korea!

Merujuk pada yang diungkapkan Engel, brand ambassador, seperti BTS, NCT Dream, dan Twice merupakan faktor yang dapat memenuhi lima tahapan penggemar dalam mengambil keputusan sebagai konsumen. Itulah mengapa, fenomena Korean Wave ini sangat memengaruhi sistematika brand marketing dalam persaingan bisnis. 

Mereka (para brand) menyadari adanya kedekatan emosional antara fandom (komunitas penggemar) dan sang idola. Fandom ini biasa berinteraksi melalui musik dan video dengan beragam koreografi yang atraktif dan menggugah perasaan. 

Melansir dari The Korean Times, kolaborasi antara BTS dan McDonald’s diprediksi akan memberikan pemasukan senilai USD10 juta. Pendek kata, di kala ada sesuatu yang baru yang terkait dengan sang idola, tanpa berpikir dua kali mereka akan langsung mengonsumsinya.

Maka dari itu, kolaborasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha dalam berbagai industri dengan bintang K-Pop dapat mendongkrak penghasilan. Dapat dikatakan juga bahwa Mc Donald’s, Lemonillo, dan Scarlett Whitening menargetkan pasar penggemar bintang K-Pop.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x