Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pertama Kali Rombongan Umrah Terbang dari Bandara Kertajati, Ditjen Hubud: Upaya Kami Berbuah

Kompas.tv - 20 November 2022, 20:41 WIB
pertama-kali-rombongan-umrah-terbang-dari-bandara-kertajati-ditjen-hubud-upaya-kami-berbuah
Pelepasan jemaah umrah dari Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). (Sumber: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

MAJALENGKA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) mengaku puas dengan penerbangan pertama rombongan umrah dari Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). 

Masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya kini bisa melakukan penerbangan umrah dari Bandara Kertajati langsung menuju Jeddah, Arab Saudi. 

Penerbangan pertama pascapandemi ini membawa total 225 jemaah umrah. Di antaranya berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, serta Majalengka. 

Baca Juga: Ditemani Dubes Denmark, Menhub Cek Kesiapan Bandara Kertajati untuk Penerbangan Ibadah Umrah

Rombongan ini diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300. 

“Kami selalu berupaya untuk mendorong digunakannya Bandara Kertajati sebagai tempat penerbangan umrah," ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, dikutip dari siaran pers yang diterima KOMPAS.TV

"Kini upaya ini membuahkan hasil dengan terselenggaranya penerbangan umrah pascapandemi yang terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan operator penerbangan."

Terselenggaranya penerbangan umrah ini, menurut Isnin, diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi pemulihan operasional penerbangan di Bandara Kertajati.

“Semoga bisa menjadi stimulus bagi operasional penerbangan bandara ini dan terus berlangsung serta berkelanjutan. Saya yakin, dengan dukungan dari semua pihak, bandara ini akan berfungsi dengan baik untuk membuka konektifitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi udara,” sambungnya.


Baca Juga: Menhub Targetkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umrah pada November 2022 

Seperti diketahui, Bandar Udara Kertajati merupakan salah satu bandara yang terdampak pandemi Covid-19.

Kementerian Perhubungan mengatakan terus melakukan upaya dan langkah-langkah, bersama pemangku kepentingan (stakeholder) penerbangan lainnya, agar semua bandara yang terdampak kembali menggeliat.

Salah satunya dengan meminta dukungan dan peran serta pemerintah daerah dalam memastikan tingkat keterisian maskapai yang beroperasi di bandara yang ada di wilayahnya masing-masing.

Direktur Utama PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Muhamad Singgih turut menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan penerbangan pertama jemaah umrah pascapandemi ini. 

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas segala dukungan yang telah diberikan, sehingga pelaksanaan umrah pascapandemi melalui Bandara Kertajati ini dapat terselenggara," ucap Singgih. 

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektifitas Perhubungan Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah mengaku bangga Bandara Kertajati berfungsi dengan baik. 

Baca Juga: Hoaks Bandara Kertajati Melayani Penerbangan Untuk Warga | News Or Hoax

“Kita patut bangga, Bandara Kertajati kini telah bisa melayani penerbangan umrah, sehingga masyarakat dari Ciayumajakuning dan sekitarnya tidak perlu melakukan perjalanan darat yang jauh ke Bandar Udara Soekarno Hatta untuk berangkat umrah," terang Maria.

"Fasilitas sarana dan prasarana di Bandara Kertajati tidak kalah lengkap dan luas. Jadi mari kita manfaatkan keberadaan bandara ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. 
 



Sumber : Kompas TV/Ditjen Hubud


BERITA LAINNYA



Close Ads x