Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Bandara Kertajati Melayani Penerbangan Untuk Warga | News Or Hoax

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 10:25 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar narasi di media sosial yang menyebut Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, melayani penerbangan komersial untuk WNA Tiongkok dan disinyalir menjadi bengkel pesawat bernama po antui. Narasi itu juga beredar di melalui pesan berantai whatsapp.

Narasi yang beredar memuat pengalaman seorang penumpang, yang menemukan sejumlah wna Tiongkok menempati semua kursi pesawat menuju Batam, dan pengalihfungsian Bandara Kertajati menjadi bengkel pesawat po an tui.

Namun, setelah melakukan penelusuran, klaim bahwa Bandara Kertajati melayani penerbangan komersial untuk WNA Tiongkok, dan disinyalir menjadi bengkel pesawat adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar. Dari hasil pengecekan, Bandara Kertajati sedang disiapkan sebagai kawasan terintegrasi atau pusat pemeliharaan pesawat. Pasalnya, diketahui, sekitar 46 persen pesawat Indonesia masih melakukan pemeliharaan di luar negeri, seperti pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 10 januari 2022 lalu.

Di sisi lain, Bandara Kertajati belum bisa melayani penumpang. Bandara akan melayani penumpang pada juni 2022 mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x