Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Krisis Ekonomi Global, Jokowi Mewanti-Wanti Para Menterinya Setelah Banyak Negara Jadi Pasien IMF

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 05:40 WIB
krisis-ekonomi-global-jokowi-mewanti-wanti-para-menterinya-setelah-banyak-negara-jadi-pasien-imf
Seorang wanita Sri Lanka berpartisipasi dalam protes terhadap krisis ekonomi, sebelum dimulainya jam malam di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu. (Sumber: AP Photo/Eranga Jayawardena)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan karena tekanan krisis finansial global yang semakin tinggi.

“Wujudnya lebih besar dari krisis di 1998, di mana krisis di 1998 itu di beberapa negara ASEAN, tentu presiden juga mengingatkan untuk ambil kebijakan secara berhati-hati,” ujarnya usai sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Meski begitu, menurutnya, saat ini ketahanan eksternal Indonesia cukup kuat. Nilai tukar rupiah memang mencatatkan depresiasi hingga enam persen. Namun, pergerakan Rupiah masih lebih kuat dibanding mata uang negara-negara dengan lain.

“Relatif lebih tinggi dibanding negara lain termasuk Kanada, Swiss, Thailand, Nepal juga termasuk Inggris sehingga relatif Indonesia lebih moderat dibandingkan beberapa negara lain,” sebutnya

Airlangga juga merinci beberapa indikator ketahanan eksternal seperti indeks volatilitas kurs yang sebesar 30,49, dan juga premi risiko investasi (credit default swap/CDS) Indonesia yang lebih rendah dari Meksiko, Brasil, Turki dan Afrika Selatan.

Dengan demikian, pemerintah masih optimis ekonomi Indonesia tetap tumbuh. Di 2023, ia memperkirakan ekonomi Indonesia tumbuh di rentang 4,8-5,2 persen.

Baca Juga: Jokowi Titip ke Veteran RI Ingatkan Presiden Selanjutnya Jaga Kebijakan Tidak Ekspor Bahan Mentah

Banyak negara jadi pasien IMF

Sebelumnya, di hari yang sama Presiden Joko Widodo juga menyinggung soal memburuknya situasi ekonomi global. Presiden menyebut banyak negara yang mengajukan permohonan bantuan keuangan terhadap Dana Moneter Internasional (IMF).

Hal itu ia sampaikan  setelah menerima laporan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang sedang berada di Washington DC, Amerika Serikat, Selasa. 

"Tadi pagi saya mendapatkan telpon dari Menteri Keuangan dari Washington DC. Beliau menyampaikan sudah 28 negara antre masuk sebagai pasien IMF," kata Presiden saat membuka Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Munas XI Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (Piveri) Tahun 2022.
 
Jokowi mengatakan kondisi ekonomi global saat ini semakin sulit karena dampak pandemi Covid-19, ditambah perang Rusia dan Ukraina yang menimbulkan disrupsi rantai pasok pangan, energi dan berimbas pada krisia finansial.

Jokowi juga menyebutkan saat ini terdapat 66 negara pada posisi rentan untuk kolaps akibat situasi global yang tidak mudah dan sulit diprediksi.

"Lembaga-lembaga internasional menyampaikan 66 negara berada pada posisi yang rentan untuk kolaps. Saat ini 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan akut dan kelaparan. Artinya ada krisis pangan," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x