Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pahami Pengertian dan Langkah untuk Bisa Mencapai Financial Freedom

Kompas.tv - 3 September 2022, 10:24 WIB
pahami-pengertian-dan-langkah-untuk-bisa-mencapai-financial-freedom
Ilustrasi mencapai financial freedom, atau kebebasan finansial. (Sumber: Diller via Freepik)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Financial freedom atau merdeka finansial menurut Direktur Sales Fuse Ridho Revilino adalah kebebasan dalam memilih, apakah ingin bekerja lagi, menjalankan usaha lagi, atau diam di rumah.

Ketiga opsi tersebut, bisa dipilih ketika seseorang telah meraih tujuan keuangan, yaitu punya dana cukup untuk kebutuhan primer, punya dana untuk memenuhi kebutuhan sekunder ataupun tersier, serta punya proteksi asuransi.

“Jangan salah, mereka yang punya penghasilan besar belum tentu sudah merdeka secara finansial,” ujarnya dilansir dari grid.id.

Berkaitan dengan ini, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi menjelaskan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami, maka setiap orang akan lebih mudah dalam mencapai financial freedom.

“Kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Disamping itu, perlu juga perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana,” jelas Meta dalam siaran pers, Selasa (24/8/2021) yang dilansir dari Kompas.com.

Dengan cara tersebut, lanjut Meta, kamu bisa memperkuat pondasi untuk mendorong tercapainya perencanaan keuangan di masa depan.

Untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

Baca Juga: Apa Itu Dana Darurat dan Perbedaanya dengan Tabungan?

Siklus perencanan keuangan tersebut terdiri dari:

  1. Penentuan tujuan perencanaan,
  2. Mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi,
  3. Kemudian, membuat perencanaan keuangan,
  4. Mengimplementasikan perencanaan keuangan dan
  5. mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida. Tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan atau proteksi dan memiliki dana darurat.

Kemudian baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi. maka seseorang dapat melakukan investasi.



Sumber : Kompas TV, Grid.id, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x