Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ingin Investasi Emas? Perhatikan Dulu Keuntungan dan Kekurangannya Berikut Ini

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 13:43 WIB
ingin-investasi-emas-perhatikan-dulu-keuntungan-dan-kekurangannya-berikut-ini
Ilustrasi- Keuntungan dan kekurangan investasi emas. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Emas menjadi instrumen investasi yang dinilai mempunyai risiko terendah dan memiliki fungsi lindung nilai (hedging) terhadap volatilitas pasar yang terjadi.

Apabila sewaktu-waktu terjadi inflasi maupun krisis ekonomi, harga emas malah cenderung mengalami kenaikan. Hal ini bisa terjadi lantaran investor umumnya akan mengalihkan investasinya ke jenis aset yang dinilai mempunyai risiko terendah dan memiliki fungsi lindung nilai (hedging) terhadap volatilitas pasar yang terjadi.

Namun, perlu diketahui pula, selain menawarkan keuntungan, investasi emas juga mempunyai kekurangan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut poin-poin keuntungan dan kekurangan investasi emas dilansir dari Gramedia.com.

Keuntungan investasi emas

  • Jadi alat tukar

Saat terjadi situasi krisis keuangan, emas bisa menjadi alat tukar. Biasanya, emas adalah hal yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Maka dari itu, akan lebih bisa dikendalikan.

Saat ini, banyak orang yang melakukan investasi menggunakan emas. Hal itu terjadi karena mengingat resiko ketika serang terjadi krisis keuangan maka emas tidak akan terpengaruh. 

  • Dana darurat

Keuntungan lain dari investasi emas adalah bisa digunakan untuk dana darurat. Selain emas tidak akan terdampak dari adanya inflasi, emas juga bisa disetarakan.

Ketika terjadinya inflasi, emas dan uang tunai dapat disetarakan. Menabung atau menginvestasikan emas juga akan lebih mudah dijadikan alat pembayaran ketika sedang terjadi krisis ekonomi.

  • Tidak memiliki bunga

Keuntungan selanjutnya dari investasi atau menabung emas adalah tidak adanya bunga. Meskipun ada beberapa tabungan emas yang menerapkan sistem bunga, tetapi ada juga yang tidak menggunakan bunga.

Contohnya seperti di pegadaian, orang yang memiliki tabungan emas tidak akan mengalami potongan karena bunga. Hanya ada biaya administrasi saja.

Baca Juga: Mau Investasi Emas? Ini Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Melakukannya!

  • Tingkat keamanan tinggi

Keuntungan lain yang dimiliki jika berinvestasi emas adalah mengenai keamanannya. Orang yang berinvestasi emas memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak akan seekstrem fluktuasi investasi saham maupun mata uang kripto.

  • Mudah dicairkan

Keuntungan yang cukup menggiurkan adalah emas mudah dicairkan. Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja.

Investasi emas memberikan sebuah keleluasaan bagi para investor atau pemegang investasi. Emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah. Waktu yang dibutuhkan juga terbilang lebih singkat.

  • Bebas pajak

Keuntungan selanjutnya yang dapat dirasakan jika berinvestasi emas adalah tidak perlu membayar pajak. Jika Anda ingin bebas pajak dari melakukan investasi, cobalah untuk berinvestasi dengan emas.

  • Melindungi nilai kekayaan



Sumber : Kompas TV/gramedia


BERITA LAINNYA



Close Ads x