Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Terakhir ke Jakarta Saat Krisis 1998, Bos IMF Sebut Ada Peningkatan Luar Biasa

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 05:29 WIB
terakhir-ke-jakarta-saat-krisis-1998-bos-imf-sebut-ada-peningkatan-luar-biasa
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (tengah) dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (kanan) melakukan konferensi pers di mal Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengaku terpukau dengan transformasi pembangunan yang terjadi di Jakarta. Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi mal Sarinah bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu (17/7/2022).

Georgieva sendiri baru kembali mengunjungi Jakarta setelah setelah dua dekade.

"Jakarta sangat berubah. Kota ini memiliki peningkatan luar biasa. Kini tampak infrastruktur kota Metropolitan, yang dulu belum ada," kata Georgieva seperti dikutip dari Antara, Senin (18/7/2022).

Georgieva memuji kemegahan mal Sarinah yang memamerkan beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ia menyatakan, masyarakat Indonesia harus bangga dengan nilai luar biasa yang dibawa oleh budaya Indonesia itu ke hadapan dunia.

Baca Juga: IMF Puji Indonesia Tahan Banting, Sarankan Dua Hal Hadapi Pasca Pandemi dan Konflik Geopolitik

Kunjungannya ke Indonesia dalam rangka menghadiri pertemuan dengan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan itu mengenai tantangan ekonomi dunia.

Ia menyebut, saat ekonomi dunia dalam kondisi yang suram, Indonesia justru cemerlang. Yakni dengan mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dan inflasi hanya 4 persen, jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Apalagi Indonesia terus mengembangkan dan memperkuat kemampuan pelaku UMKM yang menjadi penggerak ekonomi di dalam negeri.

"Kami mengharapkan (Indonesia) tumbuh positif tahun depan. Risiko terbesar bagi Indonesia bukan dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri," ujarnya.

Dalam perekonomian dunia yang melambat, IMF memandang negara-negara seperti Sri Lanka saat ini tidak mampu membayar utang mereka yang dapat menyebabkan arus modal keluar dari pasar negara berkembang.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x