Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

PT KAI: Pengguna Jasa Kereta Api Jarak Jauh Terbilang Masih Tinggi

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 11:32 WIB
pt-kai-pengguna-jasa-kereta-api-jarak-jauh-terbilang-masih-tinggi
Ilustrasi perjalanan kereta api. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV-Jumlah penumpang Kereta Api dari Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta terbilang masih tinggi selama musim lebaran 2022.

Menurut Data PT Kereta Api Indonesia (KAI) per hari ini saja ada sekitar 26 ribu masyarakat yang menggunakan kereta api jarak jauh dari Jakarta.

Hal ini disampaikan Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) 1 Eva Chairunisa melalui pernyataan video yang diterima Kompas TV, Kamis (5/5/2022).

Berdasarkan data, rata-rata harian secara keseluruhan jumlah penumpang Kereta Api di Jawa tahun lalu sekitar 50.000 hingga 80,000 orang. Itu belum termasuk pengguna kereta api Jabodetabek yang rata-rata mencapai 350 ribuan per hari. Namun data ini dihitung tidak hanya mereka yang berangkat dari Stasiun di Jakarta.

Adapun data awal tahun ini, jumlah penumpang rata-rata harian di Jawa sekitar 100 ribu penumpang per hari non Jabodetabek dan sekitar 500 ribu untuk Jabodetabek.     

Baca Juga: Sudah Bisa Dipesan, Ini Jadwal Kereta Api Tambahan untuk Balik usai Mudik hingga 30 Mei 2022

“Hari ini sendiri terdapat sekitar 26 ribu pengguna jasa  berangkat menggunakan kereta api jarak jauh dari Jakarta,” kata Eva.

Dia mengatakan data penumpang jarak jauh tersebut terpantau di sejumlah stasiun di Jakarta antara lain Pasar Senen, Gambir dan stasiun-stasiun lain di Daops 1

Eva menyatakan PT KAI telah menerapkan protokol Kesehatan dalam seluruh perjalanan kereta api, sehingga para penumpang yang berangkat pun telah menuhi persyaratan protokol Kesehatan.

Baca Juga: Rela Tak Mudik Demi Jaga Keamanan Lalu Lintas Sekitar Pintu Perlintasan Kereta Api

Bukan hanya penumpang yang berangkat, penumpang yang tiba di Jakarta pun telah menjalani pemeriksaan Kesehatan sebelumnya di stasiun awal.

“Sehingga pada saat turun, tentunya kami akan melakukan pengaturan agar tidak terjadi penumpukan di area stasiun sehingga dapat mengganggu flow penumpang,” ujarnya.

Sebelumnya KAI memprediksi  Puncak arus balik Lebaran 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat  terjadi pada 6 hingga 9 Mei 2022 mendatang.

"(Puncak arus balik diprediksi) 6-9 Mei 2022," kata a Eva Chairunisa, sebagaimana yang diwartakan Antara, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Ajak Masyarakat Mudik setelah Lebaran, KAI: Jumlah Tiket Kereta Api Masih Banyak

Sementara itu, berdasarkan data pada Selasa (3/5), Eva menyebut tiket kereta api untuk keberangkatan pada tanggal 4-7 Mei masih tersedia, meski jumlah pemesanan masih terus meningkat. 

"Untuk sementara tiket pada tanggal tersebut (4 Mei-7 Mei 2022) masih cukup tersedia," ujar Eva.

Adapun tujuan yang banyak dipilih calon pengguna KA ini yakni tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x