Kompas TV bisnis bumn

Ajak Masyarakat Mudik setelah Lebaran, KAI: Jumlah Tiket Kereta Api Masih Banyak

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 13:53 WIB
ajak-masyarakat-mudik-setelah-lebaran-kai-jumlah-tiket-kereta-api-masih-banyak

Ilustrasi perjalanan kereta api. KAI menyebutkan, masih tersedia banyak tiket kereta api jarak jauh untuk jadwal keberangkatan setelah Lebaran 2022. (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengajak masyarakat yang belum mudik untuk pulang ke kampung halamannya pada hari pertama dan kedua setelah Lebaran 2022.

Mengingat, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan, tiket kereta api jarak jauh untuk periode tersebut masih tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

"KAI mengajak masyarakat untuk mudik pada periode tersebut dengan menggunakan kereta api yang aman dan nyaman," kata Didiek dalam keterangannya, Minggu (1/5/2022).

"Jumlah tempat duduk (tiket) kereta api masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian, selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung," sambungnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Pasutri Pegawai KAI Tertabrak Kereta Api di Blitar Saat Mudik Lebaran

Didiek menambahkan, tiket kereta api jarak jauh yang disediakan oleh KAI untuk keberangkatan sebelum hingga H+10 Lebaran, sejatinya baru terjual sekitar 65 persen.

Menurut Didiek, kondisi tersebut berkaitan dengan lebih banyaknya masyarakat yang ingin bepergian saat Lebaran dan beberapa hari setelahnya.

Sebagai gambaran, untuk jadwal keberangkatan 2 Mei 2022, jumlah tiket kereta api yang sudah terjual mencapai 84.927 lembar atau setara 70 persen dari total okupansinya.

Kemudian, KAI sudah menjual 114.616 tiket (94 persen) untuk keberangkatan 3 Mei 2022, 118.944 tiket (98 persen) untuk 4 Mei 2022, serta 106.024 tiket (88 persen) untuk 5 Mei 2022.

Baca Juga: Asal Usul Mudik Menurut Pakar Sejarah Unair: Mengacu Pada Urbanisasi dan Sarana Transportasi

Setelah tanggal-tanggal itu, Didiek memastikan bahwa saat ini tiket kereta api masih tersedia cukup banyak, seperti halnya di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan 31 persen kursi penumpang belum terisi.

Sebelumnya, Sabtu (30/4/2022) kemarin, KAI berhasil memberangkatkan 130.775 pemudik dengan okupansi mencapai 107 persen lantaran ada penumpang dinamis.

Tingginya angka okpansi pada hari itu dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat, yakni mudik pada waktu-waktu mendekati Lebaran.

"Kami mewakili seluruh pegawai KAI mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H. Selamat mudik dan bertemu keluarga dengan bahagia. Mudik dengan kereta api, selamat, nyaman, dan sehat," pungkas Didiek.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x