Kompas TV bisnis kebijakan

Berikut Daftar Harga dan Jenis BBM yang Resmi Naik di Tiap Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 23:37 WIB
berikut-daftar-harga-dan-jenis-bbm-yang-resmi-naik-di-tiap-wilayah-indonesia
Foto ilustrasi petugas SPBU Pertamina melayani konsumen BBM. Pertamina, BP, Shell, dan Vivo menaikkan harga sejumlah jenis BBM seiring kenaikan harga minyak mentah dunia (3/3/2022). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pertamina (Persero) memastikan kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum atau nonsubsidi.

Adapun jenis-jenis BBM yang naik itu antara lain Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Kenaikan harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai 3 Maret 2022.

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Beralasan, Pengamat: Wajar-Wajar Saja

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina, Irto Ginting menjelaskan alasan pihaknya menaikkan lagi harga BBM. 

Menurut dia, penyesuaian dilakukan karena harga minyak mentah dunia terus melonjak.

Diketahui, harga minyak mentah dunia saat ini sudah menembus level 110 dollar AS per barrel.

 

Harga BBM Direview Tiap 2 Minggu

Selain itu, kata Irto, kenaikan harga BBM nonsubsidi telah sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

"Penyesuaian mengikuti harga market global dan sesuai ketentuan Kementerian ESDM, dan harga akan di-review rutin setiap dua minggu," kata Irto dikutip dari Kompas.com pada Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP, Vivo Terbaru Maret 2022

Sebelumnya, Pertamina pernah menaikkan harga BBM nonsubsidi pada 12 Februari 2022 menyusul operator lain yang sudah lebih dahulu menyesuaikan harga BBM di tengah naiknya harga minyak mentah dunia.

Irto menilai, kendati ada kenaikan, harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif ketimbang operator lainnya yang sudah terlebih dahulu menaikkan harga BBM miliknya.

Ia menambahkan, jenis BBM seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex merupakan BBM untuk golongan masyarakat mampu yang porsinya hanya 3 persen dari total konsumsi BBM nasional.

 

Pertama dan Pertalite Tak Naik



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x