Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Emak-emak Pusing Harga Sayuran hingga Daging Sapi Naik

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 09:55 WIB
emak-emak-pusing-harga-sayuran-hingga-daging-sapi-naik
Petani menggelar aksi jual wortel hasil panen dengan bayar seikhlasnya di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (23/2/2022). Aksi petani wortel lereng Gunung Merapi dan Merbabu itu sebagai bentuk kekecewaan mereka karena harga wortel di pasaran turun Rp1.000 per kilogram. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari ini, Kamis (24/2/2022), emak-emak girang. Mereka tidak perlu pusing lagi mencari menu sederhana tahu tempe untuk makan sekeluarga, yang sempat hilang dari pasaran. Produsen dan pedagang tahu tempe sudah kembali berproduksi  serta berjualan, setelah mogok selama 3 hari sejak 21 Februari hingga 23 Februari. 

"Banyak," kata Ade kepada Kompas TV

Ade adalah seorang ibu rumah tangga yang baru saja belanja di Pasar Embrio, Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Tapi sebentar kemudian, ia mengeluhkan naiknya harga sayuran.

"Yang mahal wortel. Biasanya Rp8.000 sekarang jadi Rp12.000," ujarnya. 

Tidak seperti tahu tempe, wortel bukanlah makanan sehari-hari yang biasa disantap masyarakat Indonesia. Namun buat Ade, naiknya harga wortel sangat berpengaruh karena ia juga berdagang gorengan di rumahnya. Sehingga harus membeli wortel dalam jumlah banyak setiap hari. 

Baca Juga: Pengusaha Minta Zero ODOL Diundur 2025 dan Insentif Peremajaan Truk

Fakta naiknya harga wortel ini sebenarnya sangat menggelitik. Karena baru kemarin, Rabu (23/2/2022) petani wortel di Boyolali, Jawa Tengah, menjual hasil panen mereka dengan harga seikhlasnya. 

Mengutip dari Antara, aksi itu mereka sebut sebagai protes anjloknya harga wortel di tingkat petani. Dari yang tadinya Rp5.000 per kilo, kini jadi Rp1.000 per kilo. 

Bayangkan, harga itu lalu naik belasan kali lipat hingga akhirnya konsumen seperti Ade, membeli wortel dengan harga Rp12.000 per kilogram. 

Sementara itu, Neneng yang merupakan seorang pedagang nasi uduk di daerah Cileungsi, Jawa Barat, kaget dengan kenaikan harga sawi hijau. Sayuran yang satu itu biasa ia gunakan sebagai campuran bihun goreng, lalu kemudian dijual bersama nasi uduk. 

Baca Juga: Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Mulai 26 Februari, Ini Besarannya




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x