Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tak Ingin Melulu Tanam Beras Putih, Petani Kedurus Subur Akhirnya Panen Beras Merah

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 20:14 WIB
tak-ingin-melulu-tanam-beras-putih-petani-kedurus-subur-akhirnya-panen-beras-merah
Kelompok Tani di kawasan Kedurus Subur, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya, Jawa Timur, memanen beras merah di lahan seluas 1.500 meter persegi, Jumat (14/1/2022) (Sumber: Diskominfo Surabaya)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

SURABAYA, KOMPAS.TV – Kelompok Tani di kawasan Kedurus Subur, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya, Jawa Timur, akhirnya bisa memanen beras merah pada Jumat, (14/1/2022).

Mereka berhasil memanen di lahan seluas 1.500 meter persegi yang menjadi percontohan awal.

Sebenarnya lahan tanam yang sesuai untuk beras merah sekitar 2.500 meter persegi.

"Berhubung kami masih ragu dengan kondisi lahan yang agak becek, akhirnya kami coba dulu di lahan 1.500 meter persegi, dengan benih 15 kilogram. Kalau hasil panen kurang lebih 1,2 ton gabah, sedangkan berasnya itu biasanya jadi sekitar 70 persen," terang Ketua Kelompok Tani Kedurus Subur Miskan saat panen beras merah di Kedurus Subur, dilansir dari Antara.

Hasil panen beras merah ini pun sebelumnya sudah dipesan oleh sejumlah instansi.

Melihat, menanam beras merah sebenarnya memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dari beras putih.

"Dari segi ekonomi lebih menguntungkan beras merah. Bahkan, beras merah ini sudah ada yang menawar sekitar Rp 15 ribu per kilogram, berupa beras siap dikonsumsi," katanya.

Baca Juga: Perbedaan Beras Merah dan Beras Putih untuk Penderita Diabetes

Camat Karangpilang Kota Surabaya Febriadhitya Prajatara yang hadir saat panen beras merah mengatakan, penanaman beras merah merupakan salah satu program yang digagas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

 Pada intinya wali kota menginginkan agar ekonomi warga dapat lebih meningkat, salah satunya melalui bidang pertanian.

"Karena kita ketahui rata-rata petani di Indonesia tanamnya beras putih. Jadi beliau (wali kota) menyampaikan agar bagaimana bisa meningkatkan produktivitas, salah satunya melalui beras merah dan nanti akan dilanjut ke beras hitam," kata Febri.

Berdasarkan penuturannya, panen beras merah di wilayah Kedurus ini dijadikan sebagai salah satu percontohan di bidang pertanian.

Bahkan sebelum menanam di lahan pertanian, para petani Kedurus telah berinovasi mencoba menanam beras merah di sebuah bak dan berhasil.

"Setelah pembinaan itu kemudian ditindaklanjuti oleh DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) dan dilakukan penanaman sesuai dengan arahan Pak Wali Kota di (lahan) Kedurus ini. Alhamdulillah, pagi ini bisa dipanen, berhasil," ungkapnya.

Ke depan, pihaknya memastikan, Pemkot Surabaya bakal terus hadir di tengah masyarakat, baik itu dalam hal pembinaan, penyuluhan maupun pemberian bibit kepada para petani.

Febri pun mengharapkan, nantinya wilayah Kedurus tak hanya dimanfaatkan sebagai ekosistem pertanian, tapi juga edukasi dan wisata.

"Nanti akan ditingkatkan menjadi suatu tempat wisata dan edukasi. Harapan kami bisa lebih mensejahterakan warga Surabaya sendiri, terutama di Kecamatan Karangpilang," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x