Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Perbedaan Beras Merah dan Beras Putih untuk Penderita Diabetes

Kompas.tv - 14 November 2021, 19:12 WIB
perbedaan-beras-merah-dan-beras-putih-untuk-penderita-diabetes
Beras merah memiliki Indeks Glikemik (GI) yang lebih rendah daripada nasi putih. GI adalah parameter yang mengukur dampak makanan terhadap kadar gula darah. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak ada kata terlambat untuk beralih ke pola makan yang sehat. Hal itu penting untuk menyesuaikan dan mengubah kebiasaan makan seseorang dengan kondisi kesehatan yang dihadapi.

Dilansir NDTV, saat ini diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling menonjol dan serius yang membutuhkan pemantauan dan pengaturan terus-menerus.

Faktanya, Hari Diabetes Sedunia, yang diperingati pada tanggal 14 November setiap tahun, diadakan untuk menyebarkan kesadaran tentang kondisi tersebut dan beberapa dampaknya terhadap kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Seiring dengan pengobatan, menyesuaikan pola makan juga penting bagi seseorang yang berjuang melawan diabetes, sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

Baca Juga: Mengenal Diabesitas, Perpaduan Diabetes dan Obesitas

Salah satu perubahan yang efektif mungkin beralih dari beras putih ke beras merah.

Manfaat beras merah terdokumentasi dengan baik, dan para ahli menjamin manfaat yang dapat diberikannya kepada tubuh manusia ketika dikonsumsi dengan cara yang tepat dalam jumlah tertentu.

“Beras merah adalah alternatif yang lebih disukai untuk nasi putih bagi mereka yang mencoba mengatur tingkat diabetes mereka dan ini sebagian besar berkaitan dengan fakta bahwa beras merah memiliki Indeks Glikemik (GI) yang lebih rendah daripada nasi putih,” demikian tertulis dalam artikel tersebut.

GI adalah parameter yang mengukur dampak suatu makanan terhadap kadar gula darah dan seberapa besar peningkatan kadar ini.

Makanan dengan GI tinggi meningkatkan kadar gula darah lebih banyak, sedangkan makanan dengan GI sedang atau rendah tidak mengubah gula darah secara nyata.

Menurut Harvard Health Publishing, beras merah rebus memiliki skor 68. Ini membuatnya termasuk dalam kategori makanan GI sedang.

Sedangkan nasi putih, memiliki GI 73 menjadikannya makanan GI tinggi.

Kelebihan lain beras merah adalah memiliki kandungan serat yang tinggi, tidak seperti nasi putih.

Sehingga, menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang menderita diabetes.

Baca Juga: Kasus Penyakit Diabetes Tak Terdiagnosis di Indonesia Nomor 5 di Dunia

“Beras merah adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Hal ini menunjukkan bahwa pelepasan gula dari beras merah tidak akan tinggi setelah pencernaan,” kata Dr Anju Sood, ahli gizi yang berbasis di Bangalore.

Jika gula dilepaskan secara perlahan, lanjutnya, mereka akan diserap dan dihilangkan dengan lebih baik tanpa menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada kadar gula darah.

Dia menjelaskan bahwa nasi putih, sebaliknya, sebagai makanan GI tinggi melepaskan lebih banyak kandungan gula.

Catatan: Jika Anda seorang penderita diabetes, silakan berkonsultasi dengan ahli diabetes sebelum Anda menambahkan sesuatu yang baru ke dalam diet Anda dan selalu berlatih moderasi bersama dengan olahraga teratur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x