Kompas TV bisnis kompas bisnis

Faktor Varian Omicron, Pengaruhi Window Dressing di Tahun 2021?

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 10:57 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah jelang akhir tahun, biasanya ada sentiment window dressing, apa itu window dressing dan bagaimana sentimen ini bisa dimanfaatkan investor?

Analis Senior Invofesta Utama Praska Putrantyo mengatakan, window dressing adalah kondisi dimana fenomen pasar saham cenderung positif di kuartal 4 terutama bulan Desember.

Praska menyebut, kinerja atau imbang hasil investasi saham secara keseluruhan lewat IHSG dalam 20 tahun terkahir naik 0.5-0,8 persen.

Baca Juga: Pasar Saham Ikut Kena Dampak, IHSG Turun Akibat Temuan Kasus Omicron

Ini menjadi harapan bagi para investor terutama menjelang akhir tahun untuk bisa mengikuti kenakin pasar saham meskipun dalam jangan pendek yang kurang lebih 2-3 minggu di bulan Desember.

Meskipun muncul varian omicron di tahun ini, Praska menilai, secara pergerakan IHSG Desember ini memang agak berat. Secar teknikal seperti mengindikasi reversal meskipun per 17 Desember masih menunjukan angka yang positif.

Praska menyatakan, sepanjang tahun ini masih bisa tercetak rekor positif sekaligus melanjutkan window dressing, hanya akselerasi Desember ini tidak secemerlang seperti tahun 2020 kemarin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x