Kompas TV bisnis kompas bisnis

Pasar Saham Ikut Kena Dampak, IHSG Turun Akibat Temuan Kasus Omicron

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 21:16 WIB
pasar-saham-ikut-kena-dampak-ihsg-turun-akibat-temuan-kasus-omicron
Ilustrasi bursa saham (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,47 persen atau 31,46 poin k pada akhir perdagangan Kamis (16/12/2021).

Saat dibuka IHSG, menguat ke 6.654,59, setelah pengumuman kasus konfirmasi Positif Covid-19 varian Omicron, IHSG turun ke 6.594,80.

Bersamaan pelemahan IHSG, investor asing melakukan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp532,56 miliar di pasar regular dan Rp735,15 miliar di semua pasar.

Kendati demikian, penurunan IHSG yang terjadi dengan masuknya varian Omicron lebih landai dibandingkan saat varian Delta masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Cegah Meluasnya Omicron di RI, Pemerintah Terapkan Situasi Tanggap Darurat

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menilai hal tersebut dikarenakan Indonesia sudah lebih siap dengan pengalaman kemarin dan juga belum ada tanda-tanda pembatasan kegiatan aktivitas masyarakat.

"Karena yang sebenarnya ditakutkan investor itu jika Omicron menyebar akan terjadi pembatasan aktivitas masyarakat karena itu akan menghambat pertumbuhan ekonomi kembali," ujar Hendrayana Kamis (16/12). Dikutip dari Kontan.co.id.

Hendrayana menambahkan, faktor lain yang memengaruhi landainya penurunan IHSG saat masuknya varian Omicron yakni penanganan kesehatan di Indonesia juga lebih baik. 

Kemudian tahun depan pemerintah juga sudah memulai vaksin untuk anak-anak.

Baca Juga: Varian Omicron Masuk Indonesia, Presiden Jokowi: Ini Memang Tak Terelakkan

Untuk IHSG, Hendrayana memprediksi, mengalami penurunan yang tidak akan lama. Seperti halnya saat varian Delta pertama kali masuk penurunan IHSG juga tidak terlalu lama.




Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x