Kompas TV bisnis ukm

Berkat UMKM di Sektor Makanan, Kondisi Ekonomi di Pariaman Pulih dari Tekanan Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 23:25 WIB
berkat-umkm-di-sektor-makanan-kondisi-ekonomi-di-pariaman-pulih-dari-tekanan-pandemi-covid-19
Seorang pekerja di salah satu UMKM di Kota Pariaman, Sumatera Barat ,sedang memasak makanan ringan khas daerah itu. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

PARIAMAN, KOMPAS.TV - Kondisi ekonomi di Kota Pariaman, Sumatera Barat berhasil pulih dari tekanan pandemi Covid-19 hingga kini pertumbuhannya mencapai angka tiga persen.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit pun menyebut usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai alasan di balik perkembangan yang baik tersebut.

"Salah satu usaha yang banyak diminati oleh pelaku UMKM saat ini adalah industri makanan yang merupakan sektor yang mendukung pemulihan ekonomi," kata Gusniyetti, dikutip dari Antara, Selasa (31/8/2021).

Melihat tingginya minat pelaku UMKM setempat, Gusniyetti lantas menggelar pelatihan sebagai upaya mendukung industri makanan olahan khas Pariaman mulai Selasa (31/8/2021) hingga Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Segera Berakhir, Cairkan BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Antre lewat Cara Ini

Dalam pelatihan tersebut, tidak hanya pengetahuan untuk melakukan inovasi, bantuan berupa modal dari pemerintah pusat melalui Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) juga akan diberikan kepada peserta.

Gusniyetti menyebutkan ada 6.978 pelaku UMKM di Pariaman yang tercatat bakal menerima bantuan tersebut dengan besaran dana Rp1,2 juta per orang.

Jumlah penerima bantuan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 5.021 pelaku UMKM di Pariaman, meskipun besaran dananya menurun dari Rp2,4 juta per orang.

Dengan demikian, Gusniyetti berharap pelatihan itu dapat memberikan motivasi, pembekalan ilmu, dan keahlian kepada pelaku UMKM agar ke depan mereka lebih mengembangkan usahanya.

Baca Juga: Pemerintah Berupaya Menggaet 30 Juta UMKM di Perdagangan Digital

Gusniyetti menambahkan, apabila industri makanan ringan dan olahan di Pariaman terus berkembang, maka sektor pariwisata juga akan terbantu nantinya.

Sementara itu, secara terpisah, Wali Kota Pariaman Genius Umar pun menyebut pertumbuhan ekonomi di daerahnya semakin menunjukan tren yang baik.

"Karena pertumbuhan itu, dua bank nasional telah berencana membuka kantor cabang di Pariaman," ungkapnya ketika menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Jumat (27/8/2021).

Genius mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut karena warga Pariaman memiliki keinginan kuat untuk tumbuh di tengah pandemi Covid-19.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x