Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Orang Kaya di Indonesia Bertambah Selama Pandemi, Berikut Daftar Teratasnya

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 12:17 WIB
orang-kaya-di-indonesia-bertambah-selama-pandemi-berikut-daftar-teratasnya
Ilustrasi kekayaan. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah lebih dari satu tahun, pandemi Covid-19 melanda dunia dan terus 'memorakporandakan' setiap aspek kehidupan, tak terkecuali persoalan ekonomi.

Sejak awal menyeruak, pandemi dengan segala peraturan pembatasan kegiatannya telah merenggut mata pencaharian banyak orang karena banyak perusahaan yang memangkas jumlah pekerja. Bahkan tak sedikit pula tempat usaha yang terpaksa gulung tikar.

Namun, di balik kepahitan itu, terdapat fakta menarik yang menunjukan bahwa jumlah orang kaya di Indonesia ternyata melonjak selama pandemi ini.

Menurut data dari lembaga keuangan asal Swis, Credit Suisse, jumlah penduduk Indonesia dengan kekayaan bersih USD 1 juta atau lebih mencapai 171.740 pada tahun 2020.

Baca Juga: Bisnis Kargo Jadi Tumpuan Utama Pendapatan Usaha Garuda Indonesia di Tengah Pandemi

Melansir Kontan.co.id, Senin (12/7/2021), angka tersebut melonjak hingga 61,69 persen year on year (yoy) dari jumlah di tahun 2019.

"Kami melakukan perhitungan dengan pendekatan berbasis regresi untuk 144 negara di dunia. Regresi terpisah dijalankan untuk meneliti aset keuangan serta aset dan kewajiban non-keuangan,” tulis Credit Suisse dalam laporannya, Senin.

Khusus untuk perhitungan di Indonesia, lembaga tersebut lebih memilih menggunakan sistem survei dibanding data dari HBS.

Karena, menurut mereka, data di Indonesia kerap kali muncul dengan angka yang lebih rendah ketika tidak menggunakan sistem survei.

Baca Juga: BPS: Jumlah Penduduk Miskin di Perkotaan Naik, Sementara di Pedesaan Turun

Lebih lanjut, hal serupa juga dilakukan kembali oleh Credit Suisse guna menangkap data per wilayah di Indonesia.




Sumber : Kontan.co.id/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x