Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dear Milenials, Coba Trik Ini Agar Tabunganmu Cepat Banyak

Kompas.tv - 5 April 2021, 18:00 WIB
dear-milenials-coba-trik-ini-agar-tabunganmu-cepat-banyak
Ilustrasi menabung (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pada tahun 2018, Alvara Research Center bersama IDN Media melakukan riset bersama untuk memotret perilaku generasi milenial di berbagai bidang kehidupan. Hasil riset itu kemudian diterbitkan dalam sebuah laporan yang bertajuk “Indonesia Millennial Report 2019”.

Riset tersebut berhasil memotret sembilan perilaku utama generasi milenial Indonesia. Yaitu kecanduan Internet, loyalitas rendah, cashless, kerja cerdas dan cepat, multitasking, suka jalan-jalan, cuek dengan politik, suka berbagi, dan yang terakhir kepemilikan terhadap barang rendah.

Riset itu juga mengungkapkan, generasi milenial menghabiskan 51,1% dari total pendapatan per bulan, untuk memenuhi kebutuhan bulanan mereka.

Baca Juga: Simak! Ini Tips Atur Keuangan Buat Karyawan Fresh Graduate

Selain itu, generasi milenial juga memiliki kecenderungan hanya menyisihkan 10% dari total pendapatan mereka untuk tabungan. Padahal para ahli keuangan menyarankan untuk setidaknya menyisihkan 30% dari penghasilan untuk tabungan, agar keuangan seseorang bisa sehat.

Mengutip dari Investree, berikut sejumlah trik yang bisa diterapkan untuk membuat tabungan cepat bertambah. Tidak hanya bagi generasi milenial, tapi juga untuk semua orang.

1. Beli lebih banyak warna netral
Ketika Anda ingin membeli pakaian, tas, atau sepatu baru pilihlah barang-barang yang berwarna netral yang cocok dengan banyak warna lain di lemari anda.

Baca Juga: Punya Kartu Kredit Bukannya Untung Malah Bikin Buntung? Coba Tips dari Perencana Keuangan Ini

Jika Anda ingin memberikan aksen pada warna, lakukan dengan aksesoris yang lebih murah. Seperti dasi, pin atau syal. Cara ini memungkinkan untuk mendapatkan nilai lebih dari semua barang yang Anda miliki.

2. Beli produk dengan harga bersahabat
Carilah produk dengan harga yang paling bersahabat sesuai dengan uang yang Anda miliki.
Lakukan perbandingan harga untuk mendapatkan produk dengan harga yang paling bersahabat.

Jangan hanya membeli sesuai karena gengsi belaka. Selalu perhitungkan nilai guna dari barang atau produk yang Anda beli. Dengan demikian, Anda akan memiliki sisa dana lebih, yang dapat dialokasikan sebagai dana tabungan.

Baca Juga: Waspadai Bocor Halus Keuanganmu dengan Tips dari Prita Ghozie

3. Air putih sebagai minuman eksklusif
Anda bisa menghemat lebih banyak uang untuk ditabung, dengan menjadikan air putih sebagai minuman utama Anda. Kemanapun pergi, pastikan membawa botol minum sendiri.

Daripada Anda sering membeli teh, soda, atau jus dalam kemasan. Belum lagi godaan untuk jajan kopi atau minuman kekinian lainnya. Meski harganya murah, jika ditotal dalam sebulan jumlahnya jadi lumayan besar.

4. Coba melakukan semuanya sendiri
Ketika Anda bisa membereskan rumah yang berantakan atau mencuci baju tanpa pembantu, atau mencuci kendaraan anda sendiri tanpa harus tempat cuci steam, tentu akan membantu Anda menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Punya Dompet Digital Malah Bikin Boncos? Simak Tips Mengaturnya

5. Jadi pribadi yang lebih fleksibel
Ada istilah fleksitarian yang mengacu pada kebiasaan seseorang yang fleksibel sekali dengan apa yang mereka makan. Mereka bukan vegetarian tapi tidak juga memakan banyak daging.

Mereka hanya tidak berfoya-foya terhadap makanan dan tidak menetapkan suatu standar untuk apa yang mereka harus makan setiap harinya.

Tapi jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan gizi harian dan jaga kesehatan ya. Ingat, menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk investasi untuk masa depan Anda.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x