Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Geser Avanza Sebagai Mobil Terlaris, Innova Bakal Dapat Bebas PPnBM

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 18:41 WIB
geser-avanza-sebagai-mobil-terlaris-innova-bakal-dapat-bebas-ppnbm
Kijang Innova New Venturer (Sumber: Toyota Astra Motor)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah berencana memasukkan mobil 2.500 cc dengan local purchase minimal 70% ke dalam daftar penerima keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM).

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya ada sedikit mobil dengan kapasitas mesin diatas 1.500 cc dan dibawah 2.500 cc yang diproduksi di dalam negeri.

Di antaranya adalah Honda CR-V (bermesin 2.000 cc), Mitsubishi Pajero Sport dengan mesin 2.400 cc dan 2.500 cc, Toyota Kijang Innova (bermesin 2.000 cc bensin dan 2.400 cc diesel) dan Toyota Fortuner dengan mesin diesel 2.400 cc.

Baca Juga: Penjualan Mobil Turun 3.700 Unit, Relaksasi PPnBM Diharap Bisa Mendongkrak

Belum ada kepastian mobil mana saja dari daftar di atas yang akan mendapat keringanan PPnBM.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, yang paling mungkin mendapat diskon pajak penjualan mobil adalah Kijang Innova.

"Kira-kira mungkin yang diarah adalah Kijang Innova. Karena itu adalah icon-nya Indonesia, local purchase-nya cukup tinggi," kata Nangoi saat dikonfirmasi Kompas.TV, Selasa (16/03/2021).

Meski harganya lebih tinggi dari Toyota Avanza, Kijang Innova nyatanya mampu menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Berdasarkan data Gaikindo, pada Februari 2021 pengiriman Kijang Innova mencapai 3.123 unit, menjadikannya mobil terlaris ke-5 di Indonesia pada bulan itu.

Baca Juga: Siap-siap, Innova hingga Pajero Sport Bisa Dapat Keringanan PPnBM




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x