Kompas TV regional berita daerah

Jasa Pembuatan Abon Daging Kurban Laris

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 17:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi Covid-19, banyak warga yang kehilangan pekerjaannya. Namun, saat Hari Raya Idul Adha, Sri Sumarni dan keluarganya, warga Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Jawa Tengah ini, justru ketiban rejeki. Mereka memanfaatkan peluang dengan membuka jasa pembuatan abon,dan hasilnya pun lumayan.

Proses pembuatan abon memang cukup rumit dan lama. Sehingga hal ini membuka peluang kerja untuk tetangga yang bekerja membantu proses produksi pembuatan abon daging kurban.

Daging sapi dari konsumen, ditimbang dahulu dan dihilangkan lemak-lemaknya. Usai ditimbang, daging direbus hingga empuk, setelah itu ditumbuk secara manual.

Begitu tumbukan selesai, daging diberi aneka rempah dan gula, agar rasanya manis dan mantap. Setelah itu, digoreng beberapa jam dalam wajan besar, agar bumbu meresap dan daging masak betul.

Untuk proses pengeringan, daging dari wajan dipres hingga semua minyaknya keluar. Hhhmmm...abon tanpa campuran ini pun siap dinikmati.

Setiap hari, Sri Sumarni membuat abon untuk pesanan, dan jumlah pesanan ramai jika ada orang hajatan. Namun selama pandemi Covid-19, usaha abonnya juga turut terdampak dengan sepinya konsumen.

#Abon #DagingKurban #Klaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x