Kompas TV video tahu gak sih lo?

Berkumur Dengan antiseptik Povidone Iodine Bisa Bantu Cegah Virus Corona?

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 13:03 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV - Banyak hal yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan virus corona terhadap tubuh kita seperti cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Eits, tapi tak lupa juga berkumur dengan obat kumur yang mengandung povidone iodine. 

Povidone iodine atau PVP-I adalah zat yang memiliki mikrobisidal yang sangat luas!! PVP-I diklaim mampu mengurangi aktivitas bakteri dan virus. Termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19. 

Salah satu perusahaan medis di Indonesia yang menggunakan dan mengembangkan PVP-I dalam produknya adalah Mundipharma. Produk yang menggunakan PVP-I biasanya adalah produk perawatan luka, perawatan area kewanitaan, perawatan kesehatan rongga mulut, dan sabun antiseptik berbahan aktif povidone iodine. 

Mundipharma bekerja sama dengan kurang lebih 40 pusat riset untuk mengetahui kekuatan dari PVP-I. Hasil penelitian laboratorium in vitro dengan standar BSL-3 oleh Duke-National University Singapore dan Menurut Educator & Trainer Mundipharma Dokter Mery Sulastri, PVP-I efektif mengurangi aktivitas 99,99% virus covid-19 dalam waktu 30 detik.

Saat berkumur menggunakan obat kumur PVP-I aktif, harus berkumur sampai kebelakang mulut. Kenapa? Karena, ternyata konsentrasi virus tersebut paling banyak berada di Nasofaring & Orofaring, jadi dengan berkumur sampai belakang, bisa membantu mengurangi virus yang ada di sana.

Tetap jaga kesehatan! Jangan lupa cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak! Oiya, berkumur dengan povidone iodine juga ya!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x