Kompas TV klik360 cerita indonesia

Diperebutkan Tiga Dinasti Politik, Apa Keistimewaan Tangerang Selatan?

Rabu, 29 Juli 2020 | 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan di tahun 2020 ini dipenuhi aroma pertarungan dinasti politik. Para elit politik memberikan perhatian besar pada gelaran Pilkada Tangsel tahun ini.

Setidaknya ada 3 nama yang disebut-sebut terkait dengan dinasti politik, yang akan berebut kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.

Mereka adalah Siti Nur Azizah yang merupakan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan keponakan Ketua Umum Gerindra dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Pilar Saga, yang merupakan anak dari Ratu Tatu Chasanah, dan masih kerabat dekat Ratu Atut Chosiyah.

Apa istimewanya Tangerang Selatan hingga diperebutkan oleh tiga dinasti politik?

Tangerang Selatan merupakan kotamadya yang baru berusia 12 tahun di tahun 2020 ini. Kota yang dulunya disebut sebagai kawasan Cipasera ini, memiliki potensi ekonomi yang cukup besar sebagai penyangga Jakarta.

Cipasera adalah singkatan dari Ciputat, Cisauk, Pamulang, Pagedangan, Serpong, dan Pondok Aren.

Menurut catatan Kompas, saat masih menjadi bagian dari Kabupaten Tangerang saja, kawasan Cipasera memberikan kontribusi 30 persen untuk pendapatan daerah Kabupaten Tangerang.

Setelah 12 tahun berdiri sendiri sebagai kota, Tangerang Selatan semakin eksis. Di kuartal ketiga tahun 2019, PAD Tangerang Selatan sempat tembus Rp 1,4 triliun.

PAD ini bersumber dari pajak daerah, berupa pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, PBB dan BPHTB, belum termasuk pendapatan dari wajib pajak baru.

Eksistensi Tangsel sebagai penopang ibu kota kian mencuat dengan rencana pembangunan klaster digital, layaknya Silicon Valley di California, Amerika Serikat. Perusahaan teknologi Apple Inc. telah mendirikan Apple Developer Academy di sini.

Langkah ini tentunya memperbesar kemungkinan sejumlah perusahaan teknologi dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:14
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19