Kompas TV nasional sapa indonesia

Wah! Aplikasi Ini Dapat Mudahkan Nelayan Untuk Menangkap Ikan

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 19:35 WIB

BENGKULU, KOMPAS.TV - Nelayan tradisional di Kota Bengkulu mulai menggunakan aplikasi tangkap ikan melalui ponsel pintar.

Aplikasi ini nantinya mampu meningkatkan produktivitas para nelayan.

Sejumlah nelayan tradisional ini tengah mempelajari penggunaan aplikasi Laut Nusantara, yang diberikan petugas dinas kelautan dan perikanan kota bengkulu.

Aplikasi ini diklaim mampu meningkatkan produktivitas tangkapan ikan khususnya bagi nelayan tradisonal.

Aplikasi Laut Nusantara ini dapat memberikan informasi sebaran ikan, jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar kapal nelayan serta kondisi cuaca yang bermanfaat bagi nelayan.

Salah seorang nelayan mengaku, selama ini aktivitas menangkap ikan selalu bergantung pada kondisi cuaca dan pengalaman para nelayan saat melaut.

Tak jarang mereka menemui kondisi cuaca yang buruk ketika berada di tengah perairan serta hasil tangkapan ikan yang sedikit.

Pemberian bantuan ponsel pintar dan penggunaan aplikasi Laut Nusantara ini bukan tanpa alasan, karena teknologi satelit yang umumnya digunakan saat aktivitas menangkap ikan, belum dapat dimiliki para nelayan tradisional, karena harganya yang mahal.
 

Dalam waktu dekat, diharapkan seluruh nelayan tradisional di Kota Bengkulu dapat memanfaatkan program ini dan dapat meningkatkan produktivitas tangkapan ikan.

Baca Juga: Keren! Aplikasi Belanja Ini Temukan Pembeli Langsung ke Petani

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x