Kompas TV nasional agama

Anies Ingatkan Masyarakat Protokol Aman Berkurban Pada Idul Adha 1441H

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 13:36 WIB
anies-ingatkan-masyarakat-protokol-aman-berkurban-pada-idul-adha-1441h
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV - Pengalaman di Jakarta tahun ini merayakan IdulAdha 1441H ini agak berbeda.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka Pemprov DKI mengimbau kepada semua agar pemotongan hewan kurban bukan saja mengikuti syariat Islam, tapi juga mengikuti protokol pencegahan penularan Covid-19.

Melalui unggahan video di akun Instagram Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan beberapa poin yang dapat dipatuhi para panitia potong kurban.

PANITIA KURBAN,

Anies Baswedan mengatakan pemotongan hewan kurban hanya dihadiri panitia kurban yang dibatasi jumlahnya.

“Sebisa mungkin jangan sampai ada kerumunan apalagi padat, apalagi tidak jaga jarak. Jadi harus jaga jarak, harus kurangi jumlah orang yang berada di lokasi.” Jelas Anies Baswedan pada video di Instagramnya, pada Selasa (28/07/2020)

LOKASI PEMOTONGAN,

Masyarakat yang tahun ini membeli hewan kurban diimbau tidak menghadiri langsung ke lokasi pemotongan.

“Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban sampai pendistribusian hewan kurbannya atau daging kurbannya. Insya Allah mereka bisa amanah.” Ungkap Anies.

Sapi Kurban Jelang Iduladha 1441H (Sumber: Instagram @aniesbaswedan)

RISIKO TERTULAR COVID-19,

Anies Baswedan mengingatkan bahwa penting menjaga kelompok masyarakat yang berisiko tinggi kalau tertular. Misalnya anak-anak, orang tua, atau mereka yang punya penyakit bawaan.

“Mari saling ingatkan, sehingga tidak meluaskan wabah dan tidak membuat orang-orang berisiko terpapar.” ungkap Anies pada penjelasan poin ketiganya.

DISTRIBUSI DAGING KURBAN,

Demi menghindari kerumunan banyak orang, maka Pemprov secara khusus minta kepada para panitia penyelenggara Idul Adha, agar daging kurban dapat didistribusikan secara langsung kepada para mustahik.

“Sejak tahun lalu, kami di Pemprov DKI Jakarta juga turut mengolah daging kurban tersebut menjadi makanan siap saji, supaya lebih awet dan ketika mereka menerima, bisa langsung dikonsumsi. Sehingga mereka tidak perlu memasak, dan mengeluarkan biaya tambahan.” Jelas Anies

Ia berharap dengan kita mentaati seluruh prinsip-prinsip syariat dalam proses pemotongan hewan kurban, dan mentaati protokol penyelenggaraan, maka semuanya dapat merayakan Iduladha dengan aman, tanpa tertular Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x