Kompas TV entertainment film

Review Film: Japan Sinks 2020, Ketika Gempa Dahsyat Tenggelamkan Jepang

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 08:00 WIB
review-film-japan-sinks-2020-ketika-gempa-dahsyat-tenggelamkan-jepang
Tangkapan layar Japan Sinks 2020 (Sumber: Dok. Japan Sinks 2020)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Dini Kurniasari

KOMPAS.TV - Setelah hadir dalam bentuk novel hingga komik, Japan Sinks kini disajikan kembali dalam bentuk anime. Bertema sama dengan novelnya, science fiction, anime Japan Sinks 2020 diadaptasi dari novel best selling karya Sakyo Komatsu yang terbit pada 1973.

Kisah diawali langsung dengan kejadian gempa hebat mengguncang wilayah Jepang. Gedung-gedung luluh lantak, nyawa-nyawa berguguran, jalanan hancur lebur, air laut yang perlahan tapi pasti mulai naik dan merendam wilayah Jepang.

Cerita difokuskan mengikuti perjuangan salah satu keluarga, yakni keluarga Muto, yang merupakan keluarga berkebangsaan Jepang-Filipina.

Baca Juga: Review Film: The Maid, Film Horror Thailand Pilihan Penonton Netflix

Tokoh utamanya adalah Ayumu, anak perempuan sekaligus kakak yang memiliki adik laki-laki bernama Go, serta ayah bernama Koichiro Mutoh dan ibu Mari Mutoh.

Mereka ditemani beberapa tokoh karakter pendukung yang berjuang untuk bertahan hidup menghadapi bencana alam ini.

Film ini terdiri dari sepuluh episode dengan durasi masing-masing tidak lebih dari 30 menit. Hampir setiap episode selalu menyajikan sesuatu yang akan membuatmu takjub!

Ada sejumlah Isu yang terdapat di dalam film dan sangatlah relevan dengan realitas yang ada.

Seperti penelitian dari ahli yang diabaikan oleh masyarakat serta ketidakpercayaan atas informasi yang disajikan oleh media, karena banyaknya berita hoaks dan dilebihkan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Film Horor yang Dijamin Bikin Merinding!

Ditambah lagi isu rasisme turut dihadirkan sebagai konflik di anime ini. Selain itu, Jepang tenggelam juga sangat relate dengan isu yang ada di Indonesia sebagai sesama negara kepulauan. Dengan konflik yang bisa dibilang berat membuat anime ini tidak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak.

Japan Sinks 2020 akan membawa hati penonton yang menyaksikannya patah berkeping-keping, tetapi sekaligus hangat.

Akhir kisah diceritakan, kehilangan dan pengorbanan dari orang-orang tersayang akan menjadi titik balik dalam kehidupan sang tokoh utama sebagai penyintas untuk bangkit kembali dalam menjalani kehidupan.

Cerita yang detail akan membuat bulu kuduk penonton meremang karena seolah ikut hadir dalam merasakan bencana dahsyat yang terjadi pada cerita. Perasaan sedih mendalam serta air mata juga akan turut hadir sebagai emosi yang paling dominan apabila menyaksikan anime ini.

Penasaran bagaimana perjuangan Ayumu melalui ini semua? Japan Sinks 2020 sudah bisa disaksikan di Netflix sejak tanggal 9 Juli 2020.

#JapanSinks2020 #Netflix #Film



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x