Kompas TV nasional kesehatan

Achmad Purnomo Akui Positif Covid-19 Usai Bertemu Jokowi

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 17:33 WIB
achmad-purnomo-akui-positif-covid-19-usai-bertemu-jokowi
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo terkonfirmasi terinfeksi positif Covid-19. Namun dia mengaku tidak mendapat gejala apapun sebelum dinyatakan Covid-19.

Pengakuan ini diungkapkannya saat berbincang dengan Kompas TV melalui sambungan telepon di Program Kompas Petang, Jumat (24/7/2020).

"Tanpa gejala. Enggak merasakan apa-apa," katanya saat mengawali perbincangan.

Menurutnya swab kedua yang memastikannya terinfeksi Covid-19 adalah sepulang dari Jakarta, usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (16/7/2020) pekan lalu.

Purnomo menuturkan, sebelum ke Jakarta bertemu Presiden Jokowi, dia telah melakukan rapid test pada Rabu (15/7/2020) malam. Keesokannya dia berangkat ke Jakarta memenuhi panggilan Presiden.

"Sama sekali tidak ada gejala, sama sekali sehat," kata Purnomo menceritakan kondisinya saat itu.

Baca Juga: Walkot Solo Achmad Purnomo Positif Covid, Istana: Tes Swab untuk Presiden akan Dipercepat

Ketika tiba di Jakarta dan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Purnomo tidak diperintahkan untuk menjalani rapid test kembali.

"Karena mungkin saya (Rabu) malamnya sudah rapid test. Jadi mungkin tidak di-rapid test lagi. Saya rapid test dari PMI, dan bagus," katanya.

Sepulang dari Jakarta, Purnomo mengaku melakukan tes. Kali ini dia langsung menjalani swab test.

"Swab pertama negatif, kok swab yang kedua positif," ujarnya.

Di Jakarta, sebelum dan sesudah bertemu Presiden Jokowi, Purnomo mengaku tidak bertemu siapapun lagi. Karena setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana, Purnomo langsung kembali ke Solo.

Orang yang ditemuinya ketika berkunjung ke Istana Kepresidenan adalah staf sekretariat kepresidenan dan petugas jaga. 

Selain itu, sopir, ajudan, sekretaris, dan keluarga. Orang-orang terdekat Purnomo ini segera melakukan swab test setelah terkonfirmasi dirinya positif.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Terinfeksi Covid-19

Kini Purnomo sedang menjalani isolasi secara mandiri di kediamannya. Terpisah dari keluarga dan siapapun. Setidaknya selama 10 hari.

Sejauh ini Purnomo mengaku kondisinya sehat. Dokter menyarankan dirinya tetap berkegiatan, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

"(Saya) sehat. Malah mau renang ini," katanya santai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x