Kompas TV nasional politik

Walkot Solo Achmad Purnomo Positif Covid, Istana: Tes Swab untuk Presiden akan Dipercepat

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 17:05 WIB
walkot-solo-achmad-purnomo-positif-covid-istana-tes-swab-untuk-presiden-akan-dipercepat
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan setiap tamu yang datang ke Istana untuk menemui Presiden Joko Widodo bakal menjalani pemeriksaan yang ketat. Termasuk menjalani rapid test.

Hal ini menanggapi hasil tes Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo yang dinyatakan positif Covid-19 usai menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Kamis (16/7/2020).

Heru juga memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan saat Achmad Purnomo bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Terinfeksi Covid-19

Selain itu test swab Covid-19 juga rutin dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona di lingkungan istana.

Namun untuk kasus ini, tes swab rutin yang dilakukan presiden akan dipercepat. Termasuk mempercepat tes swab rutin terhadap seluruh perangkat kepresidenan.

"Bapak presiden akan melakukan tes swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar wakil walikota solo positif," ujar Heru saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

Heru yakin bahwa lingkungan istana tetap steril, sebab ada protokol ketat yang harus dijalankan. Baik terhadap tamu maupun petugas di lingkungan.

Baca Juga: Tak Dicalonkan PDI, Achmad Purnomo: Jokowi Beri Tahu Soal Rekomendasi PDI-P

“Saya yakin dan semoga istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak presiden,” ujar Heru.

Achmad Purnomo menemui presiden saat menjelang pengumuman Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota Solo 2020 yang diusung PDIP.

Usai pertemuan Achmad mengaku telah mendapat kisi-kisi dari Presdien Jokowi bahwa DPP PDIP merekomendasikan Gibran dalam Pilkada Solo 2020.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x