Kompas TV regional berita daerah

Kapal Nelayan Hadang Kapal Penambang Pasir Asal Belanda

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sejumlah nelayan di kepulauan sangkarrang menghadang kapal asing pengeruk pasir di tengah laut perairan supermonde makassar. Aksi inipun dilakukan lantaran penambangan pasir dinilai merusak ekosistem bawah laut dan mengurangi hasil tangkapan nelayan .

Inilah suasana saat sejumlah kapal nelayan berukuran kecil melakukan aksi protes di tengah laut menolak aktivitas penambangan pasir ditengah laut yang dilakukan oleh kapal royal boskalis westminster dari belanda. Diketahui kapal asal belanda ini melakukan penambangan saat malam hari.

Aliansi nelayan kepulauan sangkarrang mengancam akan terus melakukan aksi serupa untuk menghentikan kapal penambang yang dapat menyedot pasir hingga 33.423 grosston. Nelayan mengaku akibat penambangan pasir ini tangkapan ikan menurun.

Sementara itu pihak pelindo 4 yang merupakan pemilik proyek makassar new port membantah jika pengerukan terjadi sedalam 33 ribu di dasar laut dan penambangan sudah memiliki ijin dari pusat.

Diketahui aksi penambangan pasir ini merupakan proyek dari pembangunan nasional makassar new port yang dimiliki oleh PELINDO IV.

#PELINDOIV
#PENAMBANGPASIRDILAUT
#KERUSAKANALAM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x