Kompas TV regional berita daerah

Kodam XII Tanjungpura Turunkan Relawan untuk Bantu Cegah Karhutla

Kompas.tv - 16 Juli 2020, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, dan turut dihadiri Kapolda Kalbar, Kodam XII Tanjungpura menggelar Apel Satgas Huma.

Satgas huma merupakan program pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi pada lahan gambut di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Polda Kalbar Menggelar Apel Gabungan Siaga Karhutla

Dalam apel yang juga termasuk dalam program Desa Mandiri Menuju Langit Biru itu, sebanyak 6.481 orang satgas disebar ke desa-desa di wilayah Kalbar dan 902 orang di wilayah Kalteng.

Anggota satgas betugas mengantisipasi potensi kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi pada musim kemarau.

Selain itu, satgas yang merupakan relawan ini, nantinya akan bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkhambtibmas untuk membantu masyarakat membuka ladang atau huma.

Para anggota satgas ini telah diberi pelatihan khusus untuk mampu membuka lahan tanpa dibakar, termasuk mengendalikan jika masih ada masyarakat yang membuka lahan dengan dibakar.

Melalui program ini, Gubernur Kalbar berharap semakin banyak tercipta desa mandiri.

Baca Juga: Cegah Karhutla, Polda Kalbar Gunakan Aplikasi "Lancang Kuning"

Sebelumnya, melalui program sinergi Pemerintah Provinsi Kalbar, TNI dan Polri, berhasil terwujud  214 desa mandiri, yang dari sebelumnya hanya ada 1 desa mandiri di Kalimantan Barat.

#Karhutla #ApelKarhutla #DesaMandiri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x