Kompas TV regional berita daerah

Cegah Karhutla, Polda Kalbar Gunakan Aplikasi "Lancang Kuning"

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 11:53 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menyiapkan aplikasi bernama Lancang Kuning. Aplikasi Lancang Kuning ini dikenalkan oleh jajaran Polda Kalbar pada rakor karhutla bersama Forkopimda Kalbar.

Baca Juga: Polda Kalbar Menggelar Apel Gabungan Siaga Karhutla

Nantinya, aplikasi Lancang Kuning ini akan dioperasikan oleh setiap satuan pada Satgas Karhutla Kalbar. Sistem kerja aplikasi ini terkoneksi langsung dengan satelit dan personel di lapangan, sehingga memudahkan personel dari seluruh satuan dalam proses penanganan maupun penegakan hukum.

"Nantinya aplikasi ini terhubung langsung dengan satelit, tersambung juga dengan personel di lapangan. Apabila muncul titik panas, maka personel dengan lokasi terdekat sehingga memudahkan melakukan pemadaman, atau tindakan hukum jika diperlukan," ucap Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go.

Pada proses penanggulangan karhutla, Polda Kalbar melaksanakan operasi bina karuna berjenjang, mulai dari bina karuna 1, 2, dan operasi kontijensi, di mana jenjang operasi bina karuna berjalan selama 21 hari.

Baca Juga: Sebanyak 7 dari 71 Kasus Karhutla di Kalbar Melibatkan Korporasi

Dalam operasi bina karuna ini, petugas mengutamakan pencegahan, penyuluhan dan patroli. Pihak kepolisian pun meminta kerjasama dari masyarakat dengan ikut aktif melaporkan.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Karhutla #LancangKuning #PoldaKalbar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x