Kompas TV internasional kompas dunia

TKI Baru Kerja 2 Bulan Diduga Disiksa Majikan Hingga Kritis, Ada Luka Bekas Disetrika di Tangan

Selasa, 14 Juli 2020 | 15:14 WIB
tki-baru-kerja-2-bulan-diduga-disiksa-majikan-hingga-kritis-ada-luka-bekas-disetrika-di-tangan
Ilustrasi penyiksaan (Sumber: Pixabay)

ARAB SAUDI, KOMPAS TV - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran bernama Sulasih binti Sukiran Sadli diduga disiksa oleh majikannya di Arab Saudi.

Akibat penyiksaan tersebut, wanita asal Karranganyar, Jawa Tengah, itu menderita luka-luka di tubuhnya hingga membuat korban kritis tak sadarkan diri. 

Pejabat di KJRI Jeddah, Muhammad Yusuf, membenarkan kejadian yang menimpa Sulasih. Saat ini, kata dia, Sulasih tengah dirawat di rumah sakit di Arab Saudi karena kondisinya kondisi kritis. Korban diduga menjadi korban penyiksaan oleh sang majikan. 

Baca Juga: Positif Corona, TKI yang Lolos Hukuman Mati di Arab Jalani Perawatan di Wisma Atlet

Kabar bahwa Sulasih tengah dirawat di rumah sakit Saudi diketahui dari anak laki-lakinya bernama Anggi. Anggi diketahui telah meminta bantuan KJRI di Jeddah dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) di kota tersebut.

"Berdasarkan keterangan Anggi, kondisi Sulasih penuh dengan luka, kepala sepertinya dibenturkan dengan benda keras, telinga bengkak dan kedua tanganya ada bekas strika," kata Roland Kamal dikutip BBC Indonesia via Kompas.com pada Selasa (14/7/2020).

Menurut keterangan SBMI, Anggi meminta KJRI Jeddah memberikan perlindungan agar ibunya mendapatkan perawatan baik, sehingga bisa di pulangkan setelah hak-haknya sebagai korban dipenuhi.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:48
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK