Kompas TV regional berita daerah

Kunjungi Kalsel, Bawaslu RI Sebut Petahana Berpotensi Lakukan Penyalahgunaan Wewenang

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 21:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Calon kepala daerah di pilkada 2020 dinilai Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan lebih berpotensi melakukan penyalahgunaan wewenang dengan memanfaatkan momen pandemi Covid-19 untuk kepentingan politiknya.

 

Hal ini disampaikannya usai mengunjungi kantor Bawaslu Kota Banjarmasin untuk memonitoring pelaksanaan tahapan pilkada.

Baca Juga: Jadi Suntikan Semangat, Kehadiran Ketua Bawaslu RI Disambut Tangis Haru Anggota Bawaslu Banjarmasin

Untuk itu, Abhan mengimbau agar tidak mencampur adukan antara jabatan di gugus tugas dengan petahana untuk kepentingan politik pilkada. Misalnya memanfaatkan pemberian bantuan sosial penanganan Covid-19 untuk menarik atensi pemilih.

 

"Kalau ini tidak didasari dengan etika atau moral, maka potensi penyalahgunaan kepentingan politik Pilkada itu muncul. Kami berharap itu tidak terjadi. Jangan sampai dicampur adukan antara gugus tugas dengan petahana untuk kepentingan politik Pilkada," harap Abhan.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah tak menampik adanya informasi awal penyalahgunaan wewenang seperti bantuan sosial terkait Covid-19. Kendati demikian saat ditelusuri diakuinya belum bisa ditindaklanjuti lantaran tak memenuhi unsur.

 

"Bantuan sosial terkait COVID19 sudah kami telusuri dan dalam penelusuran belum bisa ditindaklanjuti sebuah pelanggaran. Karena tidak memenuhi unsur," ungkap Erna.

Baca Juga: Bawaslu Kalsel Ingatkan Bakal Calon Kepala Daerah Petahana Untuk Tidak Jadikan Bansos Alat Kampanye

Bawaslu berharap agar  petahana dapat menjunjung etika dan moral kepala daerah dengan tak memanfaatkan pandemi untuk menyalahgunakan wewenangnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x