Kompas TV nasional berita kompas tv

Inisiator Pembunuhan, Istri Hakim PN Medan Divonis Hukuman Mati

Kamis, 2 Juli 2020 | 07:04 WIB

KOMPAS.TV - Istri hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin, Zuraida Hanum, divonis hukuman mati.

Zuraida dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan terhadap suaminya.

Hakim menyatakan Zuraida dan dua pelaku lain terbukti bekerja sama dalam kasus pembunuhan Hakim Jamaluddin.

Berbeda dengan Zuraida, dua pelaku lain, yaitu Jefri pratama divonis pidana seumur hidup, dan Reza Fahlevi divonis 20 tahun penjara.

Perbedaan vonis ini karena Zuraida menjadi inisiator pembunuhan terhadap suaminya sendiri, dan kejahatan dilakukan terhadap pejabat negara.

Terdakwa Zuraida Hanum, terbukti merencanakan pembunuhan terhadap suaminya sendiri, yang juga hakim di Pengadilan Negeri Medan, Jamaluddin.

Atas putusan ini penasihat hukum terdakwa, menyatakan, vonis mati terhadap kliennya dinilai tidak adil.

Terdakwa Zuraida Hanum dinilai layak mendapatkan keringanan sebab masih memiliki satu orang anak yang memerlukan bimbingan.

Jenazah Hakim Pengadilan Negeri Medan, Jamaluddin, ditemukan di dalam mobil miliknya di Perkebunan Sawit, Deli Serdang.

Dalam temuan itu seolah-olah Jamaluddin merupakan korban kecelakaan.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, polisi mengungkap, korban dibunuh secara berencana oleh istrinya sendiri Zuraida Hanum, yang dibantu oleh dua orang rekannya.

Peristiwa pembunuhan terjadi di rumahnya pada akhir November 2019.

Editor : Aleksandra Nugroho



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:30
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN