Kompas TV regional berita daerah

Nurdin Abdullah : Longsor DI Wara Barat Akibat Alih Fungsi Lahan

Rabu, 1 Juli 2020 | 12:16 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyebut, dugaan sementra penyebab longsor di Kota Palopo, Jumat (26/6) lalu adalah karena alih fungsi lahan yang diperparah tingginya curah hujan.

Nurdin mengaku, dugaan tersebut berdasarkan hasil peninjauan sebelum terjadinya bencana.

Bahkan, saat berkunjung itu, dirinya telah mengingatkan masyarakat agar tidak bermukin di area tersebut.

"Sebenarnya kami sudah tinjau beberapa minggu lalu. Kita sudah lihat dan memang pada saat itu kita sudah sampaikan ke masyarakat untuk tidak lagi bermukim disana. Mungkin salah satu penyebab, dugaan sementara, ada alih fungsi lahan di atas, ditambah curah hujan yang tinggi," kata Nurdin Abdullah saat dikonfirmasi SmartFm Makassar.

Menurut Nurdin Abdullah, jalan yang mengalami kerusakan berstatus jalan nasional, sehingga menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Namun, akses tidak akan terganggu karena pemerintah provinsi sudah membuka jalur baru yakni Rantepao - Bua.

"Untungnya, kita sudah buka jalur baru Rantepao - Bua, itu jauh lebih dekat, medannya juga tidak terlalu ekstrim," ungkapnya.

Nurdin mengatakan, laporan yang diterimanya dari Wali Kota Palopo Judas Amir, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Lebih jauh, Ia berharap, Balai Jalan Nasional segera mengambil langkah strategis membenahi kerusakan yang timbul.

"Tentu BPBD dan UPT Dinas PU juga akan segera turun kesana," pungkasnya.

Sementara, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ni’mal Lahamang menuturkan, hingga kini BPBD Kota Palopo beresama Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak ke lokasi usai kejadian untuk memantau dan mengevakuasi barang-barang warga. Petugas mengajak warga mengungsi, mengingat ada potensi longsor susulan.

Saat ini, kata Ni'mal, dibutuhkan personel untuk membantu penanganan bencana, serta anggaran yang akan digunakan merehabilitasi infrastuktur yang telah rusak seperti rumah warga dan akses jalan yang ikut hanyut terbawa longsor. 

#pascalongsor
#warabarat
#nurdinabdullah

Penulis : KompasTV Makassar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:34
PT PERTAMINA PASTIKAN DISTRIBUSI BBM DAN ELPIJI DI JAWA TIMUR AMAN PASCAGEMPA DI MALANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG MERUPAKAN LOMPATAN TEKNOLOGI YANG BAIK BAGI INDONESIA   ANGKUT BANSOS, KRI SEMARANG-594 SINGGAH DI SURABAYA SEBELUM MENUJU KE FLORES TIMUR UNTUK SALURKAN BANTUAN   BANDARA PEKON SERAI DI PESISIR BARAT-LAMPUNG RESMI BERGANTI NAMA MENJADI BANDAR UDARA MUHAMMAD TAUFIQ KIEMAS   PINTU MASUK TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DITUTUP SEMENTARA MULAI PUKUL 05.00-10.00 WIB   NAMA TOL LAYANG TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIUBAH MENJADI JALAN LAYANG MOHAMMED BIN ZAYED   BESOK, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN AKAN MERESMIKAN NAMA BARU TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   DINKES: PASIEN COVID-19 YANG MASIH DIRAWAT ATAU MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI TANGSEL MENCAPAI 236 ORANG    PEMERINTAH TENGAH MENGKAJI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN PENONTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MEMINTA PEMDA TURUT MENARUH PERHATIAN KHUSUS TERHADAP SEPAK BOLA   MUI MINTA SEMUA PIHAK BERIKAN PERHATIAN SERIUS DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME DI KALANGAN ANAK MUDA   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR AJAK TOKOH LINTAS AGAMA BUAT PROGRAM MENANGKAL PAHAM RADIKAL TERORISME    MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH AKAN BANGUN TIGA LAPAS KHUSUS NAPI TERORISME DI NUSAKAMBANGAN, JATENG