Kompas TV nasional aiman

Dunia Hitam, Debt Collector, & Premanisme - AIMAN (Bag 4)

Selasa, 30 Juni 2020 | 13:53 WIB

Kasus dugaan penyerangan dan penganiayaan berat yang dilakukan kelompok John Kei pada pekan lalu di Duri Kosambi Jakarta Barat dan Perumahan Green Lake City Tangerang, membuka mata bahwa premanisme masih merajalela.

Terlebih dalam reka adegan yang dilakukan kepolisian, kelompok John Kei telah melakukan pemufakatan jahat dan perencanaan matang dalam upayanya untuk menyerang Nus Kei yang ternyata merupakan paman dari John Kei.

Kasus ini pun ditenggarai karena masalah pribadi antara John Kei dan Nus Kei yang tidak puas akan pembagian uang hasil penjualan tanah. Namun tidak semua kelompok sama. Ada yang berbenah memperbaiki diri, membina para pemuda yang tak punya arah tujuan. Menarik mereka dari dunia hitam, serta mempekerjakan mereka sebagai tim pengamanan. Lantas sejauh mana usaha mereka agar tak kembali ke dunia yang kelam?

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mendatangi salah satu perkumpulan Satudarah di Jakarta Selatan. Aiman menemui pemimpinnya, Marsyel Ririhena. Kepada AIMAN, Marsyel menyatakan bahwa tempatnya merupakan wadah untuk membimbing kaum muda hingga mempekerjakan mereka yang berasal dari berbagai daerah agar terhindar dari pengaruh negatif lingkungan, mulai dari jasa pengamanan hingga jasa penagihan utang. Bagaimana sesungguhnya proses penagihan utang yang dilakukan? Benarkah proses tersebut dilakukan dengan proses hukum yang legal?   

Penulis : Yudho Priambodo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:54
BMKG: BANJIR MANADO BUKAN TSUNAMI, TAPI WASPADAI POTENSI GELOMBANG TINGGI   TAMAN NASIONAL KOMODO TANGGUNG BIAYA PENGOBATAN ANAK BALITA YANG DIGIGIT KOMODO   BUPATI ACEH BARAT RAMLI MS SEBUT ADA SEJUMLAH KADES YANG DIDUGA KORUPSI DANA DESA HINGGA RP 15 MILIAR   MENTERI DESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR SIAPKAN ANGGARAN RP 89,4 MILIAR UNTUK MEMBANGUN DESA WISATA PADA TAHUN INI   DINKES KALBAR TEGASKAN TIDAK AKAN KELUARKAN SURAT IZIN PRAKTIK TENAGA KESEHATAN YANG MENOLAK VAKSIN COVID-19   SEMUA KABUPATEN DAN KOTA DI KALIMANTAN TIMUR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19, BALIKPAPAN JADI EPISENTRUM PENULARAN   SULTAN HB X BAKAL PERPANJANG PEMBATASAN SECARA TERBATAS KEGIATAN MASYARAKAT JIKA WARGA DIY ABAI PROTOKOL KESEHATAN   POSITIF COVID-19, 8 SANTRI PONPES PUTRI COLOMADU, KARANGANYAR, DIISOLASI DI ASRAMA HAJI DONOHUDAN   KEMENTERIAN BUMN BANTAH ADA "CHIP" DI DALAM VAKSIN COVID-19   PEMKOT BOGOR, JABAR, MULAI OPERASIKAN RS DARURAT DI GOR PAJAJARAN   PEMKOT BEKASI BERUPAYA TAMBAH RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 DI BEBERAPA RSUD TIPE D   TIM DVI POLRI TELAH MENYERAHKAN 23 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 KE PIHAK KELUARGA   TIM DVI POLRI: SUDAH 34 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 YANG TELAH TERIDENTIFIKASI   DUA POLISI TERLUKA SAAT MELERAI TAWURAN ANTARA ANGGOTA GENG DI MANGGARAI, JAKARTA