Kompas TV bisnis bumn

Erick Thohir Beri Tips agar Jabatan Direksi di Perusahaan BUMN Tetap Aman

Kompas.tv - 27 Juni 2020, 23:05 WIB
erick-thohir-beri-tips-agar-jabatan-direksi-di-perusahaan-bumn-tetap-aman
Menteri BUMN Erick Thohir melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). (Sumber: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, dikenal doyan bongkar pasang atau gonta-ganti posisi direksi di sejumlah perusahaan BUMN. 

Tak hanya itu, pergantian posisi bahkan juga kerap terjadi di jajaran komisaris BUMN. Lalu bagaimana untuk menjaga agar jabatan direksi di perusahaan pelat merah tetap aman? 

Erick Thohir mengungkap salah satu tipsnya. Ia menyampaikan agar para direksi yang tengah menjabat menjaga kinerjanya.

Baca Juga: Kenapa Adian Napitupulu Mempersoalkan Pengangkatan Komisaris BUMN oleh Erick Thohir?

Yakni dengan mengacu pada KPI atau Key Performance Indicators. Salah satu indikator utama KPI adalah menjaga setoran dividen BUMN kepada negara tetap aman. Atau bila perlu ada peningkatan di setiap tahunnya.

“Dividen masih menjadi salah satu indikator kinerja utama bagi perusahaan BUMN. KPI kita salah satunya dividen harus meningkat," kata Erick Thohir dalam sebuah diskusi pada Sabtu (27/6/2020).

Lebih lanjut, bicara soal dividen, Erick Thohir mengakui akan terjadi penurunan cukup signifikan untuk setoran dividen BUMN kepada negara pada 2021 mendatang.

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Bicara Soal Dana Rp 30 Triliun untuk 4 Bank BUMN

Setoran dividen yang merosot tak lain disebabkan karena dampak pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda negeri ini.

"2021 dividen BUMN tergerus banyak, paling banyak 25 persen," ucap ErickThohir.

ErickThohir menilai setoran BUMN menurun merupakan hal yang wajar, mengingat pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja mayoritas BUMN.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x