Kompas TV kuliner cerita rasa

Sate Jando, Jajanan Sate Pinggir Jalan Bandung Yang Enak

Rabu, 1 Juli 2020 | 13:02 WIB

BANDUNG, KOMPASTV - Masih di Bandung jika sebelumnya Benoe menikmati olahan sapi di rumah makan, sekarang Benoe ajak foodlover menikmati sate sapi di pinggir jalan beratapkan langit beralaskan tanah.

Tepatnya di Jalan Cimandiri belakang Gedung Sate ada sate jando. Sate jando ini terbuat dari daging payudara sapi.

Penyebutan jando ada beberapa versi ada yang menyebut jando adalah bagian tulang punuk sapi ada juga yang menyebutnya bagian payudara sapi, di sini jando yang dimaksud adalah payudara sapi, bukan bagian kulit melainkan daging bagian dalam.

Meski daging jando ini berwarna putih, namun ini bukan lemak sehingga tak habis meleleh ketika dibakar.

Sate jando ini sudah ada sejak tahun 70-an pelanggannya berbagai kalangan, ada yang pesan dan makan langsung di tempat tapi harus rela antri karena tempat yang terbatas dan ada juga yang dibawa pulang.

Jando harus berasal dari sapi betina jika sapi jantan jando akan lebih alot. Jando didapat dari jagal sapi langganan karena sudah 50 tahun menjual jando dan tak banyak yang mengolah bagian sapi ini jadi nggak ada cerita tuh nggak punya stok jando.

Soal harga, sate yang kadang disebut sate jando Gedung Sate itu per porsinya Rp24.000 yang terdiri dari 10 tusuk sate jando dan poptongan lontong.

Alamat:

 Jl. Hayam Wuruk, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 

Penulis : Krisna Aditomo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:13
NOVAK DJOKOVIC PEGANG REKOR SEBAGAI PETENIS NOMOR 1 DUNIA TERLAMA SELAMA 311 PEKAN   PRESIDEN SURIAH BASHAR AL-ASSAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   VIETNAM MULAI PROGRAM VAKSINASI MASSAL COVID-19   PENEMPATAN PULUHAN RIBU TENTARA AS DI KOREA SELATAN GUNA BERTAHAN DARI AGRESI KOREA UTARA   KOREA SELATAN SEPAKAT BAYAR ONGKOS PENEMPATAN 28.500 ANGGOTA PASUKAN AS DI NEGARANYA SEBESAR RP 71,8 T PER TAHUN   PEMKAB SLEMAN, DIY, GELAR VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI MAL AGAR PESERTA TIDAK TAKUT   KOMNAS KEJADIAN IKUTAN PASCA-IMUNISASI: INFORMASI SOAL 4 NAKES MENINGGAL AKIBAT DIVAKSIN COVID-19 ADALAH HOAKS   SEBANYAK 240 TOKOH AGAMA DI TANGERANG SELATAN TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA   MULAI SELASA PAGI, ASN DI JAKARTA BARAT TERIMA VAKSIN COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL INGIN PINJAM GEDUNG KAMPUS IPB SEBAGAI LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI MASYARAKAT   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TARGETKAN 6 JUTA DOSIS VAKSIN KORONA TERPAKAI HINGGA JUNI MENDATANG   PT BIO FARMA TUNGGU ARAHAN KEMENKES UNTUK PENYALURAN 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA   MENLU RETNO MARSUDI: 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA DIDAPATKAN DARI JALUR MULTILATERAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 4 PASIEN YANG TERPAPAR VIRUS KORONA B117 SUDAH SEMBUH