Kompas TV video cerita indonesia

Korban PHK Kini Sukses Berbisnis Sayuran Organik

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 14:29 WIB
Penulis : Aryo bimo

SEMARANG, KOMPAS.TV - Yohanes Jehamu seorang warga Mangun Harjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, kini memulai usaha barunya berkebun tanaman organik. Bersama istrinya Josephina, setiap hari merawat berbagai jenis tanaman baik sayuran maupun rempah-rempah.

Sebelumnya, Yohanes bekerja sebagai pegawai salah satu hotel di Kota Semarang. Namun karena pandemi Covid-19, dirinya terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Yohanes tidak putus asa, dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di dekat rumahnya, ia bersama istri menyulap lahan tersebut menjadi kebun sayur dan rempah.

Berbagai macam sayuran organik ditanam di lahan kosong tersebut. Di antaranya adalah terong, cabe, kangkung, sawi, daun onclang, dan rempah-rempah.

Yohanes menanam berbagai sayuran tersebut dalam media polibag. Dalam 3 bulan, ia sudah bisa memanen hasilnya.

Masyarakat yang ingin membeli sayuran atau bibit tanaman yang masih dalam polibag, bisa langsung datang ke kebun Yohanes. Hasil panen juga dikirim ke berbagai daerah lain. 

Saat memulai pertama kali, Yohanes mendapatkan bibit dengan membelinya dari pedagang. Namun kini, ia sudah mengembangkan bibit sendiri.

Yohanes dan keluarganya bahkan membuat pupuk organik sendiri dengan memanfaatkan sisa makanan seperti buah-buahan yang membusuk. Sisa nasi dan sayuran juga bisa dijadikan pupuk cair dengan merendamnya terlebih dahulu selama beberapa minggu.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x