Kompas TV regional berita daerah

Keindahan Tersembunyi Air Terjun Lawean

Kompas.tv - 25 Juni 2020, 18:52 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Wisata alam memang selalu memiliki eksotisme tersendiri, seperti air terjun lawean di Kabupaten Blitar yang menawarkan kejernihan air dari pegunungan.

Lokasi air terjun lawean ini berada ditengah lebatnya hutan lindung Kawisari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar ini, Tepatnya dilereng Gunung Kawi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Air terjun Lawean sendiri memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut, air terjun ini juga masih sangat asri dan alami.

Yang menjadi daya Tarik dari air terjun Lawean ini, adalah ketinggiannya yang mencapai 50 Meter, tidak hanya itu sumber mata air dari air terjun lawean ini juga berasal dari 3 aliran yang berbeda. Lokasinya yang berada di tengah hutan pinus membuat kondisi air terjun ini masih sangat bersih dan segar. Tidak hanya itu sekeliling air terjun juga masih tumbuh subur pepohonan sehingga membuat udara di lokasi air terjun sangat dingin.

Berjarak lebih dari 40 kilometer dari pusat Kota Blitar wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun lawean terlebih dahulu harus jalan kaki selama 15 menit. Akses jalan yang sulit untuk menuju tempat wisata, akan terbayar dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Di tempat ini para pengujung dapat berswafoto dengan latar belakang percikan air terjun. Meski begitu wisatawan dilarang mandi atau cuci muka demi menjaga kejernihan air. Selain digunakan untuk wisata warga sekitar juga memanfaatkan air terjun ini untuk memenuhi kebutuhan minum, sehingga kelestarian alam di lokasi air terjun ini sangat dijaga.

#Blitar #Airterjun #Lawean #Wisata #gunungkawi #beritakediri  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x