Kompas TV video cerita indonesia

Wisata Candi Borobudur Mulai Dibuka Lagi

Kompas.tv - 25 Juni 2020, 13:29 WIB
Penulis : Laura Elvina

MAGELANG, KOMPAS.TV - Kawasan wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, mulai dibuka kembali pada Kamis (25/6/2020) pagi.

Wisatawan sudah bisa kembali mengunjungi destinasi pariwisata utama di Jawa Tengah ini. Hanya saja, pembukaan ini masih dalam tahap uji coba setelah sebelumnya ditutup selama 3 bulan akibat pandemi covid-19.

Uji coba pembukaan ini dilakukan hingga dua pekan ke depan. Nantinya pengelola kawasan candi akan mengevaluasi hasil pembukaan ini.

Dalam tahap uji coba ini, pengelola candi borobudur menerapkan aturan protokol kesehatan. Wisatawan harus melalui pemeriksaan suhu badan cuci tangan dan bilik disinfektan. Sedangkan petugas pengelola candi juga dilengkapi dengan peralatan perlindungan diri seperti face shield serta sarung tangan.

Selain itu, jumlah kunjungan ke Candi Borobudur masih dibatasi maksimal 15 persen dari kapasitas seharusnya. Itupun hanya boleh berkunjung sebatas di zona 2. Sedangkan di zona 1 masih dalam proses pembersihan setelah sempat diguyur hujan abu vulkanik Gunung Merapi.

Menurut sejumlah wisatawan dibukanya kembali candi borobudur untuk wisatawan merupakan kabar yang menyenangkan. Wisatawan mengaku senang karena akhirnya bisa berwisata setelah 3 bulan diam di rumah.

Baca Juga: 2 Wisatawan Positif Corona, Kawasan Wisata Puncak Berpotensi Ditutup



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x