Kompas TV kolom catatan jurnalis

Morgan Stanley: Ekonomi Indonesia Pulih Tercepat Setelah Tiongkok

Selasa, 23 Juni 2020 | 21:05 WIB
morgan-stanley-ekonomi-indonesia-pulih-tercepat-setelah-tiongkok
(Sumber: )

Oleh: Dyah Megasari, Jurnalis Kompas Tv 

Bank investasi yang berbasis di New York, Amerika Serikat yaitu Morgan Stanley sangat percaya diri melabeli Indonesia, sebagai negara dengan proyeksi pemulihan ekonomi tercepat kedua setelah Tiongkok. Pemulihan yang dimaksud adalah, dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi corona.

Tiongkok sebagai episentrum covid-19 pertama di dunia, menjadi negara yang juga paling pertama pulih. Denyut bisnis sang adidaya di Asia ini, diyakini merangkak naik di kuartal ke-tiga tahun ini.

Dalam Jurnal terbaru berjudul "Asia Economic Mid-Year Outlook", Morgan Stanley menempatkan sejumlah negara jiran seperti Thailand, Malaysia, Singapura, serta Hongkong di peringkat ketiga. Ekonomi mereka baru akan berdenyut di kuartal dua tahun 2021.

Benarkah Indonesia Jadi yang Tercepat?

Jawabannya tergantung fundamental Indonesia. Kembali mengaju pada jurnal Morgan Stanley, ada tiga hal yang memengaruhi, kecepatan pemulihan ekonomi.

Pertama, seberapa besar eksposur pertumbuhan ekonomi global, terhadap struktur pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Jika mengacu pada rupiah, volatilitas yang diakibatkan dinamika global sangat tinggi.  Apalagi, struktur ekonomi Indonesia juga sangat bergantung pada harga komoditas yang rentan naik turun. Di sini, Indonesia masih sangat rentan terpengaruh.

Penulis : Zaki Amrullah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:10
KSAD: 4 JENDERAL TNI AD KAWAL KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA KOPASSUS DI JAKARTA SELATAN PADA MINGGU, 18 APRIL 2021   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SKALA KECIL   POLISI BANTAH ISU KEBAKARAN DI TAMAN SARI DILAKUKAN DENGAN SENGAJA YANG DIPICU PERTENGKARAN SUAMI ISTRI   PRESIDEN JOKOWI: SAYA DUKUNG RISET VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TIDAK INGIN LARUT DALAM POLEMIK TERKAIT TERAPI SEL DENDRITIK   MENRISTEK: PEMERINTAH SIAPKAN PENGEMBANGAN ENERGI NUKLIR UNTUK LISTRIK MASA DEPAN   PEMERINTAH MEMPERSIAPKAN PENANGANAN SEKITAR 40.000 PEKERJA MIGRAN YANG AKAN MUDIK KE TANAH AIR   MENKO PMK: DIBANDINGKAN TAHUN LALU, PEMBATASAN PERGERAKAN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19 LEBIH LELUASA   HARI INI, MENDAG LEPAS EKSPOR PRODUK SISTEINA DARI PASURUAN, JATIM, KE AMERIKA SERIKAT SENILAI USD 800.000   KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA MENGAKUI KASUS PRAJURIT DESERSI ATAU MENINGGALKAN DINASNYA SERING TERJADI   FRAKSI PDI-P DPRD DKI MINTA RUMAH MENLU PERTAMA ACHMAD SOEBARDJO DIJADIKAN CAGAR BUDAYA   JUBIR KEMENKOMINFO DEDY PERMADI: UJARAN KEBENCIAN YANG DILONTARKAN JOZEPH PAUL ZHANG TIDAK DAPAT DITOLERANSI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKAN ANGKA IMPOR, PENGEMBANGAN BAHAN BAKAR DARI KELAPA SAWIT TERUS DILANJUTKAN   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG ENERGI BARU TERBARUKAN