Kompas TV entertainment lifestyle

Tips Melakukan Yoga Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 23 Juni 2020, 18:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

Oleh: Tily Rheabela/KompasTV

KOMPAS.TV - Menjaga kesehatan dan kebugaran di masa kehamilan sangatlah penting. Salah satu olahraga yang bisa dipilih adalah dengan melakukan Prenatal Yoga.

Prenatal yoga adalah yoga yang dilakukan ibu hamil dengan menekankan pada teknik dan intensitas yang disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis dari ibu hamil dan calon bayi. 

Biasanya dalam setiap sesi latihan, prenatal yoga terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu pemanasan, pernapasan, meditasi, dan relaksasi.

Baca Juga: Dialog: Mengenal Fungsi Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Selain menjaga kebugaran ibu hamil, prenatal yoga juga dapat menjadi cara untuk mengoptimalisasi posisi janin.

Jika ibu merasakan nyeri pada bagian-bagian tertentu selama kehamilan, juga bisa dikurangi dengan gerakan-gerakan prenatal yoga.

Prenatal yoga juga sangat aman dilakukan di trimester berapa pun. Namun, sang ibu harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada kondisi-kondisi tertentu yang dapat menghambat kehamilan ibu. 

Di masa pandemi Covid-19, ada banyak cara untuk tetap melakukan prenatal yoga.

Jika sang ibu sebelumnya sudah mengetahui teknik dan kegunaan dari masing-masing gerakan yoga, ibu bisa memanfaatkan media sosial seperti YouTube untuk melihat panduan prenatal yoga.

Jika belum yakin, sang ibu dapat mengikuti secara online dari beberapa studio atau bidan. Dengan begitu, ibu akan diawasi oleh pelatih atau bidan.

Selamat mencoba!

Backsound: https://www.bensound.com




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x